Suku Bunga Kredit Bank Korsel Meningkat

299

Suku bunga kredit perbankan di Korea Selatan naik untuk bulan kedua berturut-turut di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut di Amerika Serikat, demikian data dari Bank of Korea (BOK) Rabu (27/01).

Suku bunga untuk pinjaman rumah tangga diberikan oleh bank rata-rata naik 3,23 persen pada Desember untuk tingkat tahunan, naik 0,07 persen dari bulan sebelumnya, menurut Bank of Korea (BOK).

Suku bunga pinjaman hipotek naik 0,08 persen dari bulan sebelumnya menjadi 3,12 persen pada Desember, memicu kekhawatiran tentang kenaikan beban bagi rumah tangga untuk membayar utang.

Semakin tinggi biaya pinjaman terjadi di tengah harapan luas bahwa Federal Reserve AS akan terus memperketat kebijakan moneter setelah menaikkan tingkat nol pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

Suku bunga AS yang lebih tinggi cenderung mendorong bank sentral Korea Selatan untuk menaikkan suku bunga acuan sebagai respon tertunda dapat menyebabkan arus keluar modal asing yang tiba-tiba dari pasar keuangan Korea Selatan dalam mencari aset berimbal hasil lebih tinggi.

BOK telah mempertahankan suku bunga acuan ditahan pada 1,5 persen setelah menurunkan dua kali tahun lalu.

Suku bunga pinjaman korporasi perbankan naik pada bulan Desember, dengan pinjaman untuk perusahaan besar naik 0,04 persen dan suku bunga pinjaman untuk perusahaan kecil naik 0,06 persen.

Deposito berjangka tingkat bank rata-rata secara tahunan naik 1,72 persen pada Desember. Suku bunga deposito berkala naik 0,03 persen menjadi 1,84 persen.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here