Akhir Indeks Shanghai Turun Terpengaruh Keputusan The Fed

884

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (28/01), indeks Shanghai ditutup di zona negatif, turun -78,08 poin, atau -2,85 persen, ke 2657.48. Berlanjutnya pelemahan indeks Shanghai tergerus oleh prospek hati-hati dari Federal Reserve AS untuk pertumbuhan ekonomi.

Lihat :Awal Indeks Shanghai Bergerak Naik Turun Merespon Keputusan The Fed

Pasar Saham Tiongkok mengabaikan injeksi bank sentral likuiditas sebesar 590 miliar yuan ($ 90 milyar) ke pasar modal negara, tingkat tertinggi sejak 2013.

Investor China mengantisipasi lonjakan arus kas, yang dapat mempengaruhi hasil keuangan perusahaan karena memperlambat pertumbuhan ekonomi dan tingkat pertukaran yuan berfluktuasi 

Di Tiongkok, semua lembaga keuangan dan bank akan mulai liburan tahun baru pada 7 Februari.

Januari dimulai dengan penurunan tajam saham Tiongkok dan depresiasi dalam mata uang yuan, dan penurunan belum mereda karena data ekonomi mengkonfirmasi perlambatan pertumbuhan dan memburuknya kondisi bisnis.

Sebagai pasar terus jatuh, prospek investor terpaksa menjual saham yang dibeli dengan uang pinjaman untuk menutupi margin panggilan yang telah menekan sentimen lanjutan.

Perlambatan Tiongkok dan anjloknya harga minyak telah merusak risk appetite di pasar keuangan dunia, dan perhitungan rumit kebijakan bank sentral muncul.

Federal Reserve AS meninggalkan suku bunga tidak berubah pada Rabu dan mengatakan pihaknya waspada pada pasar global dan dampaknya terhadap pasar tenaga kerja dan inflasi, tetapi tidak sinyal itu siap untuk meninggalkan rencananya untuk mengetatkan kebijakan moneter tahun ini .

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas merespon kekuatiran perlembatan ekonomi Tiongkok. Jika pemerintah Beijing mampu memberikan kepercayaan investor untuk stimulus penguatan ekonomi, maka akan membantu menguatkan indeks Shanghai. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2491-2341 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2783-2933.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here