Rupiah Kamis Siang Berbalik Tekan Dollar

182

Perdagangan pasar valas Rupiah terhadap dollar AS akhiri sesi Asia Kamis (28/01) berhasil menguat merevisi pelemahan yang terjadi diawal perdagangan. Rebound rupiah di sesi siang dipicu oleh sentimen the Fed tidak menaikkan kembali suku bunganya yang akan mencerahkan pasar keuangan emerging market.

Namun rebound siang ini belum membuat dana asing bertambah di bursa saham, justru aksi jual yang lebih dominan sehingga net sell asing awal perdagangan bertambah hingga sesi pertama berakhir. Net sell asing yang terbentuk siang ini sekitar Rp43,8 miliar sedang pagi tadi baru tercetak Rp12 miliar. 

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang ini menguat  0,12% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13859/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13854/US$.  Penguatan  kurs siang ini mengkoreksi pelemahan yang dilakukan BI terhadap   kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini diperkuat  ke 13889  dari hari sebelumnya 13871  pada hari Rabu  (27/01), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13,958.00  dari posisi 13,940.00 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan sore meski dollar tetap menguat, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13915  resistance  13850  per dollar. 

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here