Bursa Eropa Menguat Terdorong Kenaikan Minyak Mentah dan Kebijakan BOJ

193

Bursa Eropa dibuka menguat pada hari Jumat (29/01) terdorong kenaikan harga minyak mentah dan kebijakan Bank of Japan dengan mengadopsi suku bunga negatif untuk pertama kalinya.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 1,3 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.007,74, naik 75,96 poin atau 1,28%

Indeks DAX berada pada posisi 9.753,05, naik 113,46 poin atau 1,18%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.381,30, naik 59,14 poin atau 1,37%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.773,30, naik 182,70 poin atau 2,13%

Saham Eropa mendapat dorongan dari bursa Wall Street yang ditutup lebih tinggi Kamis, terdorong kenaikan minyak dan keuntungan dalam Facebook melebihi tekanan dari penurunan saham biotek dan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi.

Minyak mentah berjangka patokan global Brent naik pada hari Jumat, ditetapkan untuk kenaikan mingguan kedua, bergerak 6,5 persen lebih tinggi sejauh minggu ini, didorong oleh harapan yang lebih tinggi dari kesepakatan di antara negara-negara penghasil minyak untuk mengatasi pasokan kekenyangan berkembang. Stok minyak dan gas mendapat dorongan dari pergerakan harga.

Sementara di Asia, Bank of Japan memutuskan untuk memperpanjang program stimulus moneter dengan memperkenalkan kebijakan suku bunga negatif. BOJ mengatakan akan menerapkan tingkat negatif 0,1 persen mulai 16 Februari.

Bank zona euro berada di radar investor hari ini. Pemberi pinjaman Italia Banca Monte dei Paschi di Siena membukukan laba tahunan pertama dalam lima tahun berkat keuntungan akuntansi terkait dengan perdagangan derivatif yang kontroversial. CEO bank juga mengatakan dalam surat kabar La Repubblica pada hari Jumat bahwa bank tidak memiliki pilihan meskipun merger dengan UBI Banca akan masuk akal “murni dari sudut pandang industri. Saham BMPS melonjak lebih dari 5 persen. Saham UBI Banca yang sedikit lebih rendah.

Saham bank Italia lainnya, yang telah berada di bawah tekanan kuat baru-baru ini atas kekhawatiran tentang portofolio non-performing loan mereka, ditarik berkat yang lebih tinggi untuk hasil BMPS ‘. Banco Popolare dan Intesa Sanpaolo berada di wilayah positif

Di Spanyol, Caixabank membukukan € 182.000.000 ($ 198.530.000) kuartal keempat rugi bersih karena pencadangan sahamnya di minyak Repsol utama. Tapi saham pemberi pinjaman masih tinggi.

Banco de Sabadell mencatat kenaikan 91 persen laba bersih setahun penuh, mengirimkan saham di atas 4 persen.

Di sektor sumber daya dasar, Vedanta Resources melihat lonjakan saham meskipun laba yang merosot dan kenaikan utang bersih.

Saham Sky mendorong lebih tinggi setelah kelompok TV berbayar Eropa mengatakan bahwa James Murdoch akan kembali sebagai ketua perusahaan setelah mengundurkan diri di tengah skandal penyadapan telepon pada tahun 2012. Sky melaporkan kenaikan yang lebih baik dari perkiraan laba untuk semester pertama tahun ini.

Di tempat lain, perusahaan teknik Inggris Rolls Royce melihat saham sedikit lebih tinggi setelah mengumumkan rencana untuk memangkas lebih banyak pekerjaan di kalangan manajer senior dalam pemotongan biaya.

Perusahaan iklan JC Decaux Perancis melonjak lebih dari 8 persen setelah melaporkan kenaikan 17,2 persen pada kuartal keempat pendapatan yang disesuaikan.

Saham Spanyol Gamesa melonjak 13 persen pada laporan bahwa Siemens mempertimbangkan tawaran pengambilalihan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan memperhatikan pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah, yang jika bukukan hasil positif, akan menguatkan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here