Kondisi Ekonomi Perancis Memburuk Pasca Serangan Teroris

313

Pertumbuhan ekonomi Perancis pada kuartal terakhir tahun  2015 dilaporkan melambat dari periode 3 bulan sebelumnya, yang disebabkan merosotnya  belanja konsumen pasca musim dingin dan  ketakutan pasar sejak serangan teroris yang menewaskan 130 orang.

Dari laporan prelim INSEE hari Jumat (29/01), ekonomi terbesar kedua zona euro tumbuh 0,2% secara kuartalan dalam tiga bulan terakhir tahun ini, lebih rendah dari pertumbuhan  0,3% pada kuartal ketiga. Data prelim PDB yang dilaporkan kantor statistik nasional Perancis ini sesuai dengan ekspektasi ekonom sebelumnya untuk pertumbuhan yang lebih lambat.

France GDP Growth Rate

Perlambatan pada kuartal keempat tersebut menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang pemulihan ekonomi yang sudah terjadi sejak kuartal ketiga lalu. Secara tahunan produk domestik bruto naik hanya 1,1%, dan ini menunjukkan  kinerja ekonomi tahunan terkuat selama kepresidenan François Hollande.

Terhadap perdagangan luar negerinya selama kuartal keempat tahun 2015, memiliki kinerja yang buruk dengan  pertumbuhan impor melebihi pertumbuhan ekspor. Belanja konsumen yang merupakan pilar tradisional ekonomi Perancis  turun 0,4% pada kuartal keempat dari ketiga.  

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here