Omset Ritel Jerman Sepanjang 2015 Cetak Rekor 21 Tahun Terbesar

489

Kantor Destatis Jerman, siang ini (21/01) melaporkan bahwa omset bisnis ritel Jerman untuk periode bulan terakhir tahun 2015  lalu secara tak terduga menunjukkan penurunan yang cukup tajam dari  bulan sebelumnya yang justru berhasil bukukan lonjakan positif dalam 4 bulan. Namun sepanjang tahun berhasil cetak rekor.

Pasalnya pada bulan Desember tingkat penjualan ritel Jerman tercatat mengalami kontraksi yang lumayan yaitu sebesar -0,2 persen (mom) setelah berhasil bukukan pertumbuhan sebesar 0,4 persen dibulan sebelumnya, yaitu bulan November. Dapat dilihat pada gabar dibawah ini:

Germany Retail Sales MoM

 

Demikian juga  jika dilihat secara tahunan, omset penjualan ritel di negara ini  secara tahunan pada Desember lalu hanya bukukan pertumbuhan sebesar 1,5 persen (yoy), sedangkan bulan sebelumnya pada bulan November tumbuh 2,4 persen dan ekspektasi ekonom lebih tinggi di 1,9 persen.

Beberapa segmen yang mendukung laju pertumbuhan omset ritel negara ini dibulan tersebut antara lain penjualan produk makanan yang tercatat naik 2 persen (yoy) pada Desember  lalu dan penjualan non-makanan yang juga bukukan kenaikan sebesar 1 persen (yoy).

Sementara itu, sepanjang  tahun 2015  total penjualan ritel Jerman sudah tercatat naik 2,7 persen, realisasi tahunan ini berhasil mencetak rekor pertumbuhan tahunan yang terbesar sejak tahun 1994.

 

 

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here