Pesona Rupiah Jumat Hebat, Asing Kirim 400 Miliar

260

Ditengah perdagangan pasar valas  akhir pekan (28/01) rupiah  berhasil pertahankan kekuatan perdagangan sebelumnya seperti yang diperkirakan analis, dipicu oleh pulihnya pasar keuangan global pasca kenaikan harga minyak mentah dunia.

Kondusifnya pasar keuangan membuat pelaku pasar keuangan global kembali melanjutkan investasinya di tanah air, pasar optimis investasi di negara emerging market seperti Indonesia cukup menguntungkan mereka.

Dampak dari penguatan rupiah sejak perdagangan kemarin telah berhasil menarik dana asing cukup besar pagi ini dan terbesar dalam perdagangan pekan ini, asing sudah cetak net buy sekitar Rp405 miliar. Namun aksi asing ini tidak membuat IHSG naik, justru terkoreksi -0,45 ke posisi 4586.  

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak konsolidasi dengan posisi kenaikan   0,27% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13836/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13825/US$. Demikian kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini diperkuat  ke 13846  dari hari sebelumnya 13889 pada hari Kamis  (28/01).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan sore meski dollar tetap menguat, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13858  resistance  13811 per dollar.  

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here