Tiongkok Kebanjiran Likuiditas, PBoC Guyur Ratusan Miliar

336

Pekan ini bank sentral Tiongkok (PB0C)  cukup disibukkan dengan membanjiri likuiditas ke pasar keuangan negeri tersebut sehingga berhasil membuat kas dari sistem keuangan yang diinject cetak rekor. Banjir likuiditas yang terjadi di sistem keuangan negeri pekan ini dilakukan oleh PBoC untuk persiapkan libur pasar keuangan selama seminggu pasca imlek 2 pekan depan.

Dalam sepekan PBoC melakukan operasi pasar terbuka selama 3 kali untuk membanjiri likuidiats ke sisitem keuangan negeri tersebut. Pertama dilakukan pada hari Selasa (26/01) sebanyak 440 miliar yuan, berikutnya hari Kamis (28/01) sebanyak 340 miliar yuan dan terakhir hari Jumat (29/01) sebanyak 100 miliar yuan.

Sehingga sebanyak 880 miliar yuan PBoC guyur sistem keuangan  Tiongkok dan cukup berdampak pada pergerakan nilai mata uangnya terhadap dollar di pasar spot, dimana pekan ini yuan berhasil cetak penguatan mingguannya.

Dari jumlah likuiditas yang disebar PBoC tersebut, yang terserap oleh sistem keuangan baru 190 miliar yuan sehingga net likuidasi yang ada di sistem keuangan Tiongkok pekan ini sebesar 690 miliar yuan. Jumlah ini merupakan rekor sepanjang sejarah untuk range mingguan.

Pekan-pekan sebelumnya sejak awal tahun bank sentral ini sudah melakukan banyak operasi terbuka untuk stabilkan pasar keuangannya yang terpukul oleh aksi asing bawa modalnya keluar cukup banyak sehingga menjatuhkan pasar keuangannya cukup dalam baik bursa saham dan juga valasnya.

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here