Bursa Eropa Bergerak Negatif Merespon Buruknya Manufaktur Tiongkok dan Minyak Mentah

259

Bursa saham Eropa bergerak lebih rendah pada hari Senin (01/02) menghapus kenaikan awal sebelumnya, terganjal buruknya data aktifitas pabrik Tiongkok dan melemahnya harga minyak minyak mentah.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,3 persen setelah membuka lebih tinggi.

Indeks FTSE berada pada posisi 6055.82, turun -27.97 poin atau -0.46%

Indeks DAX berada pada posisi 9755.79, turun -42.32 poin atau -0.43%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4397.74, turun -19.28 atau -0.44%

Sektor manufaktur besar Tiongkok melambat pada awal tahun 2016, tergambar dari indeks pembelian manajer kembar (PMI) survei yang dirilis pada hari Senin (01/02), menandakan kelemahan dalam perekonomian negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Biro Statistik pemerintah menyatakan data PMI resmi jatuh 3,5 tahun terendah 49,4 pada Januari, lebih buruk daripada 49,7 terdaftar pada bulan Desember dan perkiraan median 49,6 dari jajak pendapat Reuters. Hal ini juga menandai bulan keenam berturut-turut bahwa indeks resmi menunjukkan kontraksi.

The Caixin / Markit PMI manufaktur, yang diterbitkan 45 menit setelah data resmi, berada di 48,4 pada bulan Januari, naik sedikit dari 48,2 yang tercatat pada bulan Desember tapi menandai kontraksi 11 bulan berturut-turut dalam aktivitas manufaktur.

Sementara itu, data non-manufaktur PMI resmi berada pada 53,5 pada Januari, dibandingkan dengan pembacaan bulan sebelumnya 54,4, menantang harapan bahwa konsumsi bisa mengambil alih manufaktur sebagai kekuatan pendorong untuk perekonomian Tiongkok.

Pasar Asia berakhir mixed, dengan pasar saham di Tiongkok dan Hong Kong berakhir di wilayah negatif. Sedangkan indeks utama di Australia, Jepang dan Korea Selatan memperpanjang kenaikan, didorong oleh langkah mengejutkan BOJ yang mengakomodasi suku bunga negatif pada hari Jumat.

Laporan laba perusahaan menjadi fokus untuk investor. Saham BT berada di wilayah positif setelah perusahaan melaporkan kenaikan 14 persen laba disesuaikan sebelum pajak dalam tiga bulan sampai dengan 31 Desember.

Anggaran maskapai Ryanair diperdagangkan lebih tinggi setelah mengumumkan rencana pembelian kembali saham 800 juta € dan menegaskan kembali perkiraan laba bersih setahun penuh berada di ujung atas jangkauan.

Sektor perbankan juga dalam fokus investor. Julius Baer melaporkan laba bersih di bawah standar akuntansi IFRS jatuh oleh dua pertiga tahun 2015, sebagian besar karena ketentuan sanksi dalam penyelidikan AS ke penggelapan pajak oleh klien Amerika. Saham telah diperdagangkan lebih rendah.

Perusahaan Spanyol Bankia melaporkan kenaikan hampir 40 persen laba bersih pada tahun 2015 yang mencapai € 1040000000 ($ 1130000000), membuat saham perusahaan pemberi pinjaman ini naik di atas 7 persen.

Sementara itu, pemberi pinjaman terbesar di Eropa, HSBC, yang memberlakukan perekrutan dan membayar penghentian seluruh bank global pada 2016, demikian disampaikan dua sumber yang akrab dengan masalah kepada Reuters. Saham telah diperdagangkan lebih rendah.

Barclays dan Credit Suisse bergabung membayar lebih dari $ 150 juta untuk menyelesaikan tuduhan bahwa itu menyesatkan investor atas platform perdagangan yang salah.

Di Italia, kantor pos Italia membantah laporan bahwa ia sedang mempertimbangkan penggabugan  dengan Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS). Saham BMPS berada di zona hijau.

Perusahaan Finlandia, Nokia menyelesaikan perselisihan paten dengan Samsung pada hari Senin dan diprediksi akan meningkatkan penjualan di bisnis Nokia Teknologi untuk sekitar € 1020000000 pada tahun 2015. Tapi saham Nokia tertekan, diperdagangkan turun lebih dari 11 persen karena para pedagang kecewa. Berita itu juga menyeret perusahaan infrastruktur jaringan Perancis Alcatel-Lucent turun 12 persen.

Saham pembuat kacamata Luxottica Italia turun sekitar 8 persen setelah mengumumkan pada akhir pekan co-CEO yang baru Adil Mehboob-Khan.

Sementara Statoil mengatakan telah mengakuisisi 15 persen saham di plot eksplorasi dari Total di Uruguay, mengirimkan saham melemah tajam.

Dalam berita perusahaan lain, perusahaan raksasa pengiriman Moeller Maersk diperdagangkan lebih tinggi setelah Nomura menaikkan target harga untuk saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak melemah terbatas merespon data manufaktur Tiongkok yang melemah, namun perlu terus diperhatikan pergerakan harga minyak mentah, yang jika terus melemah maka akan semakin menekan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here