Konsumen AS Menunda Belanja di Akhir Tahun

210

Konsumen AS menahan pengeluaran mereka pada bulan Desember, sebagai peringatan terhadap kebiasaan pembelian Amerika ‘di tengah-tengah tanda-tanda perlambatan ekonomi global.

Pengeluaran pribadi, yang mengukur berapa banyak orang Amerika membayar untuk segala sesuatu yang mereka beli, datar pada bulan Desember dari bulan sebelumnya, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Senin. Konsumsi naik revisi naik 0,5 persen pada November dan datar pada bulan Desember.

Pendapatan pribadi, yang mencerminkan laba sebelum pajak ‘dari gaji dan investasi, naik 0,3 persen pada Desember. Pertumbuhan upah telah lambat meskipun pasar kerja terus menguat. Pendapatan pribadi dipercepat sedikit pada tahun 2015, meningkat ke tingkat tahunan sebesar 4,5 persen dibandingkan dengan kenaikan 4,4 persen per tahun 2014.

Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal telah memperkirakan kenaikan 0,1 persen dalam belanja dan 0,3 persen kenaikan dalam pendapatan.

Belanja konsumen menyumbang lebih dari dua pertiga dari output ekonomi AS. Belanja telah meningkat atau tetap datar setiap bulan akan kembali ke Januari 2015, namun ekonom khawatir bahwa banyak dari pengeluaran yang akan digunakan untuk hal pentingseperti perumahan, perawatan kesehatan dan pendidikan. Pengeluaran pribadi naik 3,4 persen pada tahun 2015, perlambatan dari yang 4,2 persen kenaikan pada tahun 2014.

Selama tahun lalu, sebagian besar pengeluaran diskresioner telah diarahkan ke hal besar seperti mobil dan furnitur, serta layanan seperti restoran dan wisata. Pertumbuhan penjualan ritel telah berjalan lebih rendah dari belanja konsumen secara keseluruhan untuk sebagian besar tahun 2015, walaupun itu mungkin mencerminkan penurunan tagihan bensin berkat harga minyak yang terus rendah.

Indeks harga untuk pengeluaran konsumsi pribadi, ukuran inflasi yang disukai Federal Reserve, turun 0,1 persen dari November dan naik hanya 0,6 persen dari Desember tahun lalu. Angka-angka meleset dari target inflasi tahunan 2 persen bank sentral untuk bulan ke-44 berturut-turut.

Harga inti, yang menghapus biaya makanan dan energi, datar dari November dan naik 1,4 persen dari tahun sebelumnya, karena harga tetap rendah bahkan tanpa efek minyak murah.

Konsumen menurunkan pengeluaran mereka pada barang-barang tahan lama, barang-barang seperti lemari es dan mesin pemotong rumput dirancang untuk bertahan setidaknya tiga tahun, 0,9 persen pada Desember. Pengeluaran jasa naik sebesar 0,4 persen.

Amerika menyimpan lebih sedikit dari pendapatan mereka pada bulan Desember dibandingkan dengan November, membawa tingkat tabungan pribadi untuk 5,5 persen dari 5,3 persen pada November. Hal ini juga memukul 5,5 persen pada bulan Oktober, dan telah berlalu secara bertahap selama dua tahun terakhir. 

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here