Penjualan Rumah Baru Hong Kong Anjlok Jelang Tahun Baru Imlek

369

Penjualan rumah baru Hong Kong merosot ke level terendah dalam setidaknya seperempat abad bulan lalu, demikian Centaline Property Agency Ltd perkirakan, menambah bukti bahwa harga perumahan Hong Kong terus merosot .

Centaline memperkirakan penjualan rumah baru dan sekunder Januari akan mencapai 3.000 unit, angka bulanan terendah sejak pencatatan dimulai pada bulan Januari 1991. Rendahnya bulanan sebelumnya 3.786 unit pada bulan November 2008 menurut siaran 31 Januari

“Penurunan pasar saham, pelemahan ekonomi, melemahnya perekonomian Tiongkok dan kenaikan suku bunga semua memberikan dampak, “deminian dinyatakan Joanne Lee, manajer senior dari penelitian dan penasihat tim Hong Kong di Colliers International Group Inc.

Pasar properti Hong Kong telah menunjukkan tanda-tanda melemahnya sejak mencapai puncaknya pada bulan September 2015, di tengah pasokan yang meningkat dari rumah dan perlambatan pertumbuhan di Tiongkok. Harga rumah turun 9,5 persen pada September, menurut Indeks Leading Centaline Property Centa-City dan bisa jatuh 20 persen lagi pada tahun 2016, menurut beberapa perkiraan.

Penurunan permintaan terutama terjadi pada bulan Januari dengan pembeli tradisional menunda melakukan pembelian menjelang liburan Tahun Baru Imlek yang dimulai pada 8 Februari. Dengan kondisi tersebut, banyak pengembang telah menunda peluncuran proyek baru sampai saat itu.

Dalam rangka mendorong pembeli, pengembang telah menawarkan diskon dan rabat materai serta hipotek kedua yang memungkinkan peminjam untuk membiayai hingga 90 persen dari nilai rumah itu.

“Jika pengembang ingin menjual, terutama untuk proyek-proyek di daerah baru, mereka harus memberikan insentif kepada pembeli potensial,” kata Thomas Lam, direktur senior penilaian dan konsultasi di Knight Frank LLP. “Jika mereka ingin memulai sebuah proyek baru mereka harus menawarkan insentif lebih dari 12 bulan yang lalu.”

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here