Bursa Wall Street Ditutup Mixed Merespon Pelemahan Minyak Mentah dan Buruknya Manufaktur Tiongkok

636

Bursa Wall Street ditutup mixed pada penutupan perdagangan Selasa dinihari (02/02) merespon penurunan harga minyak mentah dan buruknya data manufaktur Tiongkok.

Hanya Indeks Nasdaq yang ditutup lebih tinggi dengan saham Facebook memperpanjang keuntungan dan saham Alphabet baru-baru ini naik menjelang laporan pendapatannya, setelah penutupan pasar.

Harapan dari kebijakan Fed yang lebih akomodatif menyusul pernyataan sore Wakil Ketua Fed Stanley Fischer juga membantu indeks rata-rata berakhir dengan lebih baik dari posisi sesi terendah.

Indeks utama rata-rata utama mengalami penurunan awal lebih dari 1 persen untuk mengubah tinggi di jam terakhir perdagangan, tetapi indeks Dow Jones dan S & P 500 ditutup lebih rendah.

Sektor Utilitas ditutup 1 persen lebih tinggi untuk memimpin S & P 500 yang menguat, diikuti oleh telekomunikasi.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup sekitar 17 poin lebih rendah. Indeks awal menambahkan lebih dari 40 poin, lebih dari pulih dari 150-titik intraday penurunan dengan hasil ISM Manufaktur masih di bawah level 50. Saham 3M, Goldman Sachs dan energi perusahaan Exxon Mobil dan Chevron adalah bobot terbesar pada Dow Jones, sementara saham Boeing dan American Express adalah kontributor utama untuk keuntungan saat penutupan.

Indeks Dow Transport membalikkan penurunan sebelumnya, naik 0,9 persen karena saham JetBlue memimpin kenaikan.

Harga minyak mentah berjangka AS menetap di $ 31,62 per barel, turun $ 2, atau 5,95 persen, kerugian terburuk harian sejak 1 September. Melihat 15 hari terakhir, korelasi antara Minyak mentah berjangka AS dan S & P 500 jatuh 0,96-0,6 Senin, menurut analisis yang menggunakan platform ThinkorSwim.

Minyak turun di bawah tekanan dari data ekonomi yang lemah dari Tiongkok dan berita bahwa sumber OPEC mengecilkan pembicaraan tentang pertemuan darurat.

PMI manufaktur resmi Tiongkok untuk Januari turun ke 49,4, membaca terlemah sejak Agustus 2012 dan menandai bulan enam lurus kontraksi. Indeks non-manufaktur PMI turun menjadi 53,5 pada Januari dari 54,4 bulan sebelumnya.

PMI manufaktur Caixin juga tetap di wilayah kontraksi tapi naik tipis menjadi 48,4. Non-manufaktur PMI laporan Caixin adalah karena sebelum sesi perdagangan Rabu di Amerika Serikat.

Bank Rakyat China menetapkan Cina memperbaiki yuan titik tengah terhadap dolar yang lebih lemah untuk pertama kalinya dalam tujuh sesi, di 6,5539 vs 6,5516 Jumat.

PMI Manufacturing AS Markit untuk Januari datang di 52,4, sentuhan bawah flash membaca tapi di atas akhir 51,2 cetak Desember.

Indeks manufaktur ISM untuk bulan Januari datang di 48,2, di bawah garis 50 ekspansi-kontraksi untuk bulan keempat berturut-turut. Belanja konstruksi naik 0,1 persen pada Desember.

Sebelumnya, pendapatan pribadi untuk Desember menunjukkan peningkatan 0,3 persen. Belanja konsumen tidak berubah untuk bulanan, sementara belanja November direvisi lebih tinggi menjadi 0,5 persen.

Termasuk makanan dan energi, harga tidak berubah setelah naik 0,2 persen pada November, kata Reuters. Yang disebut harga inti indeks PCE meningkat 1,4 persen dalam 12 bulan sampai Desember setelah kenaikan serupa di bulan November. Inti PCE adalah ukuran inflasi disukai Federal Reserve dan masih jauh di bawah target bank sentral AS 2 persen.

Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan bahwa jika volatilitas baru-baru ini di pasar aset global mengarah ke “pengetatan terus-menerus dari kondisi keuangan, mereka dapat sinyal perlambatan ekonomi global yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan inflasi di Amerika Serikat. Tapi kita telah melihat mirip periode volatilitas dalam beberapa tahun terakhir yang telah meninggalkan sedikit jejak permanen pada perekonomian. “

Fischer juga mengatakan “kita tidak tahu” apa yang Fed akan lakukan pada pertemuan kebijakan berikutnya. Dia menambahkan bahwa kondisi ekonomi diharapkan untuk menjamin kenaikan suku bunga bertahap.

Sebelumnya, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi menegaskan dalam pidato bank sentral akan meninjau dan mempertimbangkan kembali sikap kebijakan pada bulan Maret.

Hasil Treasury sedikit lebih tinggi, dengan yield 2-tahun di 0,80 persen dan yield 10-tahun di 1,95 persen.

Indeks dolar AS diadakan lebih dari sekitar setengah persen lebih rendah terhadap mata uang utama dunia, dengan euro dekat $ 1,09 dan yen di ¥ 120,96 terhadap greenback.

Senin membawa lebih laporan laba besar, termasuk Google perusahaan induk Alphabet setelah penutupan. Kedua kelas saham yang ditutup naik 1,2 persen.

Dalam laporan kuartalan pagi, Aetna meraih laba disesuaikan $ 1,37 per saham untuk kuartal terbaru, 16 sen di atas perkiraan, dengan pendapatan juga mengalahkan perkiraan. Asuransi kesehatan dibantu oleh peningkatan jumlah keanggotaan dan margin dalam bisnis Medicare-nya. Namun, juga memproyeksikan pendapatan tahun penuh 2016 $ 7,75 per saham, di bawah estimasi $ 8,05 per saham. Saham ditutup naik 1,5 persen.

Cardinal Health ditutup turun 1,9 persen meskipun laporan laba yang mengalahkan pada kedua garis atas dan bawah, dibantu oleh faktor-faktor seperti pertumbuhan basis pelanggan dan fundamental yang solid.

Facebook ditutup naik 2,57 persen pada rekor, setelah sebelumnya menetapkan intraday tertinggi baru. Saham tersebut naik hampir 10 persen secara tahunan, memperpanjang kenaikan baru-baru ini pada pendapatan pekan lalu yang meningkat dari perkiraan sebelumnya.

Twitter ditutup naik 6,6 persen untuk hari terbaik sejak 7 Oktober setelah Informasi Jessica Lessin, kontributor CNBC, melaporkan bahwa investor Marc Andreessen dan Silver Lake Partners telah mencapai kesepakatan untuk Twitter. Saham perusahaan turun lebih dari 20 persen secara tahunan.

Indeks Dow Jones ditutup turun 17,12 poin, atau 0,10 persen, di 16,449.18, dengan penurunan tertinggi saham Exxon Mobil, sedangkan saham American Express naik tertinggi.

Indeks S & P 500 ditutup turun 0,86 poin, atau 0,04 persen, ke 1,939.38, dengan sektor utilitas memimpin tujuh sektor yang lebih tinggi dan sedangkan sektor energi, keuangan dan industri yang menurun.

Indeks Nasdaq ditutup naik 6,41 poin, atau 0,14 persen, pada 4,620.37. Saham Apple ditutup turun 0,93 persen, sedangkan iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) ditutup sekitar setengah persen lebih tinggi.

Hari ini akan ada laporan laba pendapatan dari perusahaan-perusahaan BP, Dow Chemical, Exxon Mobil, Pfizer, UBS, UPS, Archer Daniels Midland, Michael Kors, Nintendo, Sirius XM Radio, Gilead Sciences, Yahoo, Chipotle Mexican Grill, Edwards Lifesciences.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan memperhatikan perkembangan ekonomi Tiongkok, pergerakan harga minyak mentah dan hasil laporan laba perusahaan-perusahaan. Hasil negatif akan dapat menekan bursa Wall Street.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here