Data Pengangguran Euro Perkuat Posisi Kekuatan Euro 2/2/16

188

Pergerakan kurs euro yang menguat sejak perdagangan sesi Asia hari Selasa   (2/02)  terus berlanjut di perdagangan sesi Eropa yang ditopang oleh beberapa rilis data pengangguran negara anggota kawasan Euro dan secara mayor kawasan tersebut selain pelemahan dollar AS.

Kantor  statistik nasional negara anggota kawasan Euro yang besar dan juga Eurostat umumkan kondisi pengangguran pada bulan Januari alami penurunan yang terlihat dari penurunan indikator yang mengukur tingkat pengangguran kawasan tersebut. Rilis data positif tersebut juga berada di bawah perkiraan ekonom sebelumnya.

Eurostat umumkan tingkat pengangguran kawasan tersebut menurun ke posisi 10,4% pada bulan Januari setelah sebelumnya ekonom prediksi tingkat pengangguran tidak berubah di 10,5% pada bulan sebelumnya. Dari 3 negara yang juga merilis kinerja lapangan kerjanya, hanya Jerman dan Spanyol menunjukkan kinerja yang positif dengan penurunan jumlah pengangguran yang cukup signfikan mengalahkan prediksi ekonom.

Dari sisi pergerakan  dollar AS terhadap rival-rivalnya,   indeks dollar menunjukkan pergerakan  negatif dengan trend konsolidasi oleh anjloknya harga minyak mentah dan imbas sentimen sikap the Fed yang sulit melanjutkan ekspansif suku bunganya tahun ini.

Pergerakan kurs Euro di sesi Eropa (10:45:35 GMT) bergerak kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka naik pada   1.0887  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro naik 25  pips  atau 0,2%  dan nilai bergulir  berada pada 1.0912. 

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat naik  ke kisaran  1.0929 – 1.1002 dan jika terjadi koreksi turun   berpotensi ke kisaran 1.0831.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here