Harga Gula ICE Turun Terpicu Perkiraan Peningkatan Produksi

393

Harga gula berjangka di bursa komoditas ICE Futures New York pada penutupan perdagangan Selasa dini hari (02/02) berakhir turun. Harga gula menjadi turun karena adanya peningkatan produksi gula di Brazil.

Platts ‘Kingsman meningkatkan perkiraan produksi mereka untuk tahun pemasaran yang dimulai pada bulan Oktober mengatakan bahwa musim hujan yang diperpanjang tahun ini membantu pengembangan tebu baru di Brazil.

Copersucar SA, koperasi gula dari 37 pabrik, menyatakan produksi gula di wilayah tengah dan selatan Brazil, wilayah berkembang utama produsen terbesar di dunia, akan rebound tahun ini dengan jatuhnya mata uang Real Brazil, meningkatkan pendapatan dari komoditas yang dijual dalam dolar AS.

Produksi di kawasan itu akan naik sekitar 3 juta metrik ton menjadi 33 juta ton tahun ini, Paulo Roberto de Souza, CEO di perusahaan yang berbasis di Sao Paulo tersebut, mengatakan dalam sebuah wawancara hari Minggu di Konferensi Gula Dubai, acara industri swasta. Pabrik-pabrik mengambil keuntungan dari mata uang Brasil lebih murah dan sudah terjual sekitar 60 persen dari produksi mereka, katanya.

Pada penutupan perdagangan harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Maret 2016 terpantau mengalami penurunan. Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup melemah sebesar -0,31 sen atau setara dengan -2,36 persen pada posisi 12,83 sen per pon.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula kasar berjangka di New York  pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi melemah dipengaruhi oleh pergerakan dollar AS dan pemulihan produksi gula kasar.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level support pada posisi 12,30 sen dan 11,80 sen. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi  13,30 sen dan 13,80 sen per pon.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here