Pemerintah Korsel Berencana Keluarkan Stimulus Penguatan Ekspor Rabu Besok

680

Menteri Keuangan Korea Selatan pada Selasa (02/02) menyatakan menyiapkan stimulus baru pemerintah untuk membantu mengimbangi kemerosotan ekspor yang mengancam pertumbuhan ekonomi negara terbesar keempat di Asia tersebut.

Paket stimulus untuk kuartal pertama akan diresmikan pada hari Rabu, Yoo Il-Ho mengatakan sebuah forum bisnis di Seoul. “Kami akan memberikan dukungan lebih aktif … untuk meningkatkan penguatan bisnis eksportir,” kata Yoo.

“Kami juga akan memberikan semua dukungan sehingga perusahaan dapat mempekerjakan dan berinvestasi lebih aktif,” tambahnya.

Tahun lalu, ekonomi Selatan tumbuh dengan kecepatan yang paling lambat sejak 2012 karena ekspor yang mencapai sekitar setengah dari PDB, tersendat dalam menghadapi perlambatan global dan harga minyak mentah yang rendah.

Ekspor untuk seluruh 2015 turun 8,0 persen – kontraksi pertama selama tiga tahun.

Memulai tahun 2016 turun ke awal yang buruk, dengan pengiriman luar negeri pada bulan Januari terjun hampir 20 persen pada lau tahunan,turun tajam dalam lebih dari enam tahun.

Harga minyak mentah yang rendah menjadi pukulan untuk banyak bisnis Korea Selatan yang memproduksi produk minyak bumi, yang merupakan segmen penting dari profil ekspor.

Bank of Korea bulan lalu merevisi pertumbuhan PDB diperkirakan turun dari 3,2 persen menjadi 3,0 persen untuk tahun ini, faktor-faktor seperti tanda-tanda perlambatan di Tiongkok sebagai pasar ekspor terbesar Korea Selatan.


Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here