Saham Tambang dan Property Kurangi Pelemahan IHSG

235

Ditengah pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan  perdagangan Selasa (02/02), 2 sektor yang perdagangan awal pekan alami tekanan jual yang cukup besar berhasil ditutup menguat mengalahkan saham 8 sektor lainnya yang ditutup dalam zona merah.

IHSG berakhir negatif, ditutup turun 0,80% pada 4587,44 dengan indeks saham unggulan LQ45 ditutup turun 1,19% ke posisi 793.45 terganjal pelemahan bursa global akibat pelemahan harga minyak mentah. Sektor yang menyumbang pelemahan terbesar perdagangan hari ini datang dari sektor aneka industri dengan saham ASII penyumbang terbesarnya.

2 Sektor yang berhasil menguat hingga akhir perdagangan yaitu sektor property dan sektor tambang. Penguatan yang terjadi pada saham-saham sektor ini terdongkrak oleh aksi bargain hunting pasar untuk saham kapital besar yang sedang murah-murahnya seperti saham PTPP, ADHI, ITMG dan PTBA.

Sektor Property berhasil menguat hingga naik 0,12 persen setelah perdagangan sebelumnya anjlok -1,1 persen, saham yang menopang penguatan sektor ini yaitu saham PTPP, CTRA, ADHI dan APLN. Namun laju indeks sektor ini dihambat oleh tekanan saham WIKA dan BSDE.

Sektor tambang  berhasil menguat hingga naik 0,81 persen setelah perdagangan sebelumnya anjlok -1,3 persen, saham yang menopang penguatan sektor ini yaitu saham TINS, PTBA, ITMG, ADRO dan ANTM. Namun laju indeks sektor ini dihambat oleh tekanan saham MEDC dan INCO.

 

 

 

 

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here