Tingkat Pengangguran Jerman Capai Rekor Terendah Sejak Reunifikasi

313

Tingkat pengangguran Jerman jatuh ke rekor tingkat rendah baru pada bulan Januari, melanjutkan tren positif dan mendukung konsumsi swasta, sebagai pilar utama saat ini pertumbuhan ekonomi Jerman, data resmi menunjukkan Selasa (02/02).

Jumlah orang yang terdaftar sebagai pengangguran di Badan Tenaga Kerja Federal Jerman turun 20.000 pada bulan Januari 2016 menjadi 2,73 juta. Tingkat pengangguran yang disesuaikan menurun dari 6,3 persen pada Desember tahun lalu menjadi 6,2 persen, rekor terendah baru sejak reunifikasi negara itu.

“Kinerja yang baik dari pasar tenaga kerja terus di awal tahun,” kata Frank-Juergen Weise, kepala badan tenaga kerja.

Unggul dari sebagian besar negara Eropa, pekerjaan di Jerman mencapai rekor tertinggi pada tahun 2015. Sekitar 43 juta orang memiliki pekerjaan.

Menurut konsep Organisasi Buruh Internasional (ILO), tingkat pengangguran Jerman bulan Desember tetap tidak berubah pada 4,5 persen, kata kantor statistik Federal Jerman yang sebelumnya pada Selasa. Ini adalah tingkat terendah di zona euro di mana tingkat pengangguran rata-rata mencapai 10,4 persen.

Bersama dengan meningkatnya upah, suku bunga rendah dan penurunan harga energi, pasar tenaga kerja yang stabil menguatkan konsumsi swasta, pilar utama pertumbuhan ekonomi dengan latar belakang memudarnya perdagangan luar negeri dan investasi domestik yang lemah.

Ekonomi Jerman tumbuh 1,7 persen tahun lalu. Sebuah kecepatan yang sama diharapkan pada tahun 2016. Konsumsi swasta dianggap sebagai kekuatan pendorong utama.

Para ekonom mengatakan bahwa masuknya pengungsi bisa mendorong pengangguran ke tingkat yang lebih tinggi karena membutuhkan waktu untuk pendatang baru untuk mengintegrasikan ke dalam pasar tenaga kerja Jerman.

Dalam jangka panjang, bagaimanapun, para pencari suaka yang diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi Jerman sebagai tenaga kerja muda di antara mereka bisa meringankan kekurangan pekerja terampil dalam penuaan masyarakat Jerman.

Kenaikan tingkat kerja Jerman telah didorong oleh peningkatan pesat dalam partisipasi perempuan dalam angkatan kerja selama 10 tahun terakhir. Sekitar 73 persen perempuan memiliki pekerjaan pada tahun 2014, naik 10 persen sejak tahun 2005, data yang diterbitkan oleh Statistik Jerman Office menunjukkan bulan lalu. Secara keseluruhan, dengan 78 persen orang berusia antara 20 dan 64 dalam pekerjaan, Jerman adalah yang kedua setelah Swedia yang mencapai 80 persen di Uni Eropa.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here