Tingkat Pengangguran Zona Euro Cetak Rekor Terendah Lima Tahun

384

Tingkat pengangguran zona euro menurun ke rekor baru lima tahun terendah pada bulan Desember, sebuah hasil kabar baik yang tak terduga karena Bank Sentral Eropa mempertimbangkan untuk meningkatkan stimulus moneter bulan depan untuk mencegah ancaman deflasi.

Tingkat pengangguran di kawasan euro menurun menjadi 10,4 persen dari 10,5 persen pada November, demikian dilaporkan kantor statistik Uni Eropa di Luxembourg pada Selasa (02/01). Hasil ini merupakan terendah sejak September 2011. Para ekonom memperkirakan tingkat tetap tidak berubah, menurut estimasi median dalam survei Bloomberg.

euro-area-unemployment-rate

Gubernur bank sentral di seluruh dunia mempersiapkan senjata mereka dalam menanggapi buruknya pasar pada awal tahun yang berasal dari perlambatan pasar berkembang dan penurunan komoditas. Presiden ECB Mario Draghi mengatakan pada Januari bahwa dewan gubernur akan meninjau kebijakan stimulus pada bulan Maret akibat anjloknya harga minyak yang beresiko mendorong tingkat inflasi di kawasan itu kembali ke nol.

Inflasi belum mendekati target ECB hanya di bawah dua persen dalam hampir tiga tahun. Indikator sentimen Eropa melemah pada bulan Januari dalam menanggapi gejolak pasar global, dengan Indeks Pembelian Manajer Markit Economics menurun dan indeks sentimen ekonomi Komisi Eropa jatuh ke terendah dalam lima bulan.

Sementara tingkat pengangguran kawasan euro menurut perkiraan ECB akan mencapai rata-rata 10,5 persen tahun ini sebelum turun ke 10,1 persen pada tahun 2017, anggota Dewan Eksekutif Benoit Coeure Senin meminta pemerintah untuk meningkatkan reformasi.

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here