Bisnis Ritel Kawasan Euro Sepanjang 2015 Berhasil Bangkit

1157

Penjualan bisnis ritel zona euro  pada bulan Desember berhasil bangkit  setelah bulan sebelumnya nyaris kontraksi dan omset ritel bulan terakhir tahun 2015 merupakan kenaikan omset dalam 4 bulan terakhir.  Meningkatnya  bisnis ritel kawasan sata mata uang ini disumbang oleh peningkatan omset ritel  makanan dan minuman selama musim liburan akhir tahun.

Pada bulan Desember  lalu, penjualan bisnis  ritel Eurozone naik 0,3 persen setelah bulan sebelumnya posisi omset berada di 0 persen. Namun secara tahunan penjualan ritel naik 1,4persen, data yang lebih rendah dari pertumbuhan 1,6  persen  pada bulan November  namun masih dalam posisi ekspansi dalam 23 bulan berturut-turut .

Euro Area Retail Sales MoM

Omset  meningkat 0,6 persen pada bisnis ritel  makanan, minuman dan kelompok tembakau , lalu peningkatan omset  0,2 persen pada bisnis ritel non-makanan termasuk penjualan bahan bakar kendaraan kawasan tersebut.

Untuk kinerja penjualan ritel sepanjang tahun 2015 alami peningkatan dibandingkan dengan kinerja bisnis tahun 2014, omset berhasil meningkat naik 2,4 persen di negara-negara wilayah euro menurut laporan Eurostat pada hari Rabu (3/02).

 

 

 

H Bara/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here