Bursa Eropa Dibuka Negatif Dengan Kewaspadaan Investor Mencermati Harga Minyak Mentah

288

Bursa saham Eropa dibuka melemah pada hari Rabu (03/02) karena investor tetap berhati-hati di tengah melemahnya harga minyak mentah.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun sekitar 0,8 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 5.912,53, turun -9,48 poin atau -0,16%

Indeks DAX berada pada posisi 9.541,79, turun -39,25 poin atau -0,41%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.280,68, turun -3,31 poin atau -0,08%

Di Asia, saham diperdagangkan melemah tajam pada Rabu, setelah Wall Street turun sebanyak 2 persen pada Selasa. Penurunan harga minyak dua sesi bertutur-turut telah terhapus sebagian besar minggu lalu dalam empat hari keuntungan.

Selama perdagangan Asia, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) dan Brent tergelincir tetapi bangkit kembali di awal perdagangan Eropa.

Dalam berita Asia lainnya, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengatakan bank sentral memiliki banyak ruang untuk memperluas stimulus lebih lanjut dan siap untuk menurunkan suku bunga lebih dalam wilayah negatif, Reuters melaporkan pada hari Rabu.

Dalam berita kesepakatan, perusahaan raksasa bahan kimia pertanian Swiss Syngenta mengatakan akan diakuisisi oleh ChemChina, dalam kesepakatan yang menandai akuisisi terbesar di luar negeri oleh perusahaan Tiongkok. Syngenta mengatakan kesepakatan, senilai lebih dari $ 43 miliar, setara dengan 480 franc Swiss ($ 471,38) per saham. Syngenta naik 6 persen pada awal perdagangan.

Di sisi pendapatan, LVMH, kelompok mewah terbesar di dunia, mengatakan pada hari Selasa bahwa penjualan kuartal keempat telah pulih setelah serangan Paris, sebagai raksasa mewah Perancis melihat kekuatan di Eropa, Jepang dan Amerika Serikat mengimbangi kelemahan di Tiongkok, mendorong saham naik 6 persen lebih tinggi.

Berita itu juga menarik saham mewah lainnya yang lebih tinggi termasuk Christian Dior dan Burberry. Tapi pembuat jam Swiss Swatch melemah tajam setelah melaporkan penurunan laba bersih, akibat nilai tukar yang kuat. Richemont, pemilik merek jam tangan mewah, berada lebih rendah.

Sementara itu, ABB tetap di wilayah positif setelah menyatakan laba bersih merosot 70 persen secara tahunan pada kuartal keempat.

Di sektor perbankan, perusahaan Spanyol BBVA mengatakan laba bersih melonjak 36,4 persen pada kuartal keempat dari tahun sebelumnya menjadi 940 juta euro ($ 1 miliar), berkat penurunan ketentuan untuk kredit macet, namun saham lebih rendah.

Di Italia, Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) turun 5 persen. Surat kabar Italia La Stampa melaporkan bahwa BMPS bisa dijual dalam potongan, menurut Reuters.

Perusahaan Baja Rusia Severstal raksasa membukukan rugi bersih $ 114.000.000 dan mengatakan melihat rendahnya permintaan di pasar domestik pada 2016.

Pembuat insulin Denmark Novo Nordisk menurunkan target pertumbuhan laba jangka panjang sebagai laba operasi kuartal keempat sedikit menjawab ekspektasi analis, membuat saham jatuh.

Sore ini akan dirilis data indikator ekonomi Retail Sales Desember, baik secara bulanan dan secara tahunan, yang diindikasikan lebih tinggi dari hasil sebelumnya.

Malam nanti juga akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS, yang diindikasikan menurun dari perkiraan. Hasil ini diperkirakan akan mengangkat harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika hasil Retail Sales dan kenaikan harga minyak mentah terealisir.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here