Perdagangan Emas Kemarin

682

Harga emas telah bergerak ke level yang sedikit lebih tinggi dan berada pada ketinggian dalam tiga bulan pada hari Selasa kemarin, setelah mengalami sedikit tekanan “profit taking” semalam. Minat membeli komoditas safe haven kembali datang dengan pasar saham AS mengalami tekanan jual pada Selasa pagi.

Pembelian yang berhubungan dengan tiket juga menaikkan emas dengan harga berada pada tren naik dalam enam minggu. Emas berjangka bulan April di Comex terakhir naik $1.0 per ons di $1,129.0.

Metal berharga ini telah naik 6% sejak awal tahun, membawa banyak investor kepada pertanyaan, sekarang mau kemana?

Analis tehnikal senior Jim Wyckoff membuat catatan bahwa permintaan safe-haven yang terus berlangsung dan minat membeli secara tehnikal terlihat di metal berharga ini sepanjang awal tahun ini. “Sebagian uang yang keluar dari pasar saham dunia pada awal tahun sedang bergerak masuk ke dalam metal kuning ini”, katanya.

Emas bulan April di Comex di-settled 1% lebih tinggi di $1,128 per ons sementara perak bulan April di Comex di-settled 0.7% lebih tinggi di $14.343 per ons.

Wyckoff berkata bahwa secara tehnikal, harga emas berjangka bulan Februari ditutup lebih dekat kepada ketinggian selama sesi dan menyentuh ketinggian selama tiga bulan pada hari Senin.

Riset dari Citi mengatakan emas telah menjadi salah satu assets dengan “best performing” sebegitu jauh di tahun 2016 tetapi pertanyaannya adalah seberapa lama hal ini akan bisa terus berlangsung. Menurut Citibank, emas akan berada pada rata-rata $1,080 per ons di paruh pertama tahun ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here