Klaim Pengangguran AS Meningkat, Menambah Hambatan Kenaikan Suku Bunga

620

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran pertama kali naik lagi minggu lalu, meskipun tren yang lebih luas menyarankan pengusaha untuk terus berkembang.

Klaim pengangguran awal, ukuran untuk PHK di AS, meningkat 8.000 menjadi 285.000 dalam pekan yang berakhir 30 Januari, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Kamis (04/02). Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal diperkirakan 278.000 klaim baru akan diajukan.

united-states-jobless-claims

Klaim pengangguran telah meningkat selama tiga dari empat minggu terakhir, menunjukkan pasar tenaga kerja mungkin telah kehilangan tenaga setelah ledakan perekrutan yang kuat pada bulan Desember. Empat minggu pergerakan rata-rata klaim, yang keluar volatile dalam mingguan, naik 2.000 ke 284.750.

Laporan tersebut bisa menambah kekhawatiran bahwa ekonomi AS secara luas turun di tengah gejolak pasar keuangan dan masalah dalam ekonomi global.

Pasar tenaga kerja berakhir 2015 pada pijakan yang kokoh, menambahkan 292.000 pekerjaan pada Desember. Pada hari Jumat, Departemen Tenaga Kerja akan melaporkan angka tenaga kerja untuk bulan Januari. Para ekonom memperkirakan pengusaha menambahkan 185.000 pekerjaan bulan lalu dan tingkat pengangguran bertahan stabil pada 5%.

The Federal Reserve sedang memantau pasar tenaga kerja karena perdebatan apakah akan menaikkan suku bunga lebih lanjut tahun ini. Pada bulan Desember, menaikkan suku bunga jangka pendek untuk pertama kalinya dalam satu dekade, menunjuk ke tanda-tanda pasar tenaga kerja dan stabilitas ekonomi.

Juga dalam laporan Kamis, jumlah klaim lanjutan tunjangan pengangguran yang ditarik oleh pekerja lebih dari seminggu-turun 18.000 ke 2,26 juta dalam pekan yang berakhir 23 Januari.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here