Kondisi Bisnis Australia Q4 Masih Bersemangat

663

Berdasarkan survey 3 bulanan yang dilakukan oleh National Australia Bank terhadap 350 pebisnis diluar sektor pertanian mengenai kondisi perekonomian Australia saat ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan bisnis Australia periode 3 bulan yang berakhir pada bulan Desember dilaporkan meningkat setelah kuartal sebelumnya menurun. 

Indeks kepercayaan bisnis Australia kuartal terakhir tahun 2015 dilaporkan berakhir pada skor 4, skor yang sama seperti pada skor kuartal kedua dan kuartal ketiga berada di skor 1.  Untuk kondisi bisnis saat ini sedikit berkurang pada bulan Desember, dengan indeks jatuh ke 9,0 dari 10,0 pada periode tiga bulan sebelumnya.

Demikian juga dengan indeks yang mengukur kondisi dimasa depan juga turun sedikit pada kuartal keempat, namun tetap cukup positif  menunjukkan pertumbuhan momentum untuk bisnis dalam jangka pendek.

Australia Business Confidence

Dari survey tersebut, indeks ketersediaan lapangan kerja meningkat lebih lanjut dalam periode tiga bulan hingga bulan Desember, menunjukkan peningkatan  yang relatif sederhana terhadap pertumbuhan lapangan kerja. Dari survey ini  meskipun Australia sedang hadapi masalah pada sektor pertambangan, namun pebisnis terus menikmati kondisi ekonomi yang relatif sehat, bersemangat dan adaptif.

Pekan ini juga bank sentral Australi (RBA) memutuskan untuk tidak mengubah kebijakan moneternya seperti dengan yang telah diputuskan pada bulan Januari yaitu dengan penetapan suku bunga di posisi 2 persen. Namun RBA sampaikan akan melonggarkan kebijakan moneternya jika terjadi kondisi ekonomi yang tidak kondusif di negeri tersebut.

 

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here