Bursa Eropa Bergerak Sideways Menantikan Rilis Data Tenaga Kerja AS

336

Bursa Eropa dibuka sideways pada awal perdagangan Jumat (05/02) dengan kehati-hatian investor menjelang rilis data pekerjaan AS hari ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 berada di sekitar garis datar.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 5.923,79, naik 25,03 poin atau 0,42%

Indeks DAX berada pada posisi 9.375,01, turun -18,35 poin atau -0,20%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.252,44, naik 23,91 poin atau 0,57%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.542,50, naik 74.40 poin atau 0.88%

Investor hari ini fokus menanti rilis data tenaga kerja AS, dimana hasilnya dapat mempengaruhi komite kebijakan moneter Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga tahap selanjutnya.

Ekonom memperkirakan untuk data nonfarm payroll pada 190.000 dan tingkat pengangguran tidak berubah dari 5 persen, setelah cukup kuat 292.000 pekerjaan bulan Desember. Beberapa ekonom khawatir tentang data pekerjaan Jumat setelah beberapa laporan ekonomi utama minggu ini memberikan keraguan pada kesehatan ekonomi AS.

Data yang suram di luar perkiraan untuk menahan kemungkinan kenaikan suku bunga lanjutan telah membuat dolar lebih rendah. Dollar AS masih stabil di perdagangan Asia pada Jumat terhadap sekeranjang mata uang utama tapi tetap di jalur penurunan mingguan.

Di sisi pendapatan, saham ArcelorMittal mengumumkan akan meluncurkan peningkatan modal $ 3 miliar setelah kuartal keempat rugi bersih melebar dari tahun lalu di tengah penurunan harga baja, membuat saham lebih dari 8 persen lebih rendah.

Berita itu juga menyeret turun saham sumber daya dasar lainnya termasuk Anglo Amerika yang melihat rally besar pada hari Kamis.

Perusahaan gas alam BG Group melaporkan hasil laba per saham turun 58 persen pada tahun 2015 di tengah penurunan harga energi. Saham berada sedikit lebih rendah. Sektor minyak dan gas secara keseluruhan diperdagangkan di wilayah negatif karena harga minyak jatuh.

Sementara itu, produsen truk Volvo melaporkan laba operasi dan penjualan yang hanya di luar ekspektasi analis dan memotong prospek untuk pengiriman truk berat di Amerika Utara dan Brasil. Namun, saham perusahaan Swedia ini diperdagangkan lebih tinggi.

Sektor otomotif tampil baik di awal perdagangan menyusul kabar baik dari sektor ini. Daimler mengatakan bahwa penjualan Mercedes-Benz Tiongkok pada bulan Januari naik 52 persen secara tahunan.

Sementara itu, pembuat ban Finlandia Nokian Tyres melaporkan laba kuartal keempat yang lebih baik dari perkiraan mengirimkan saham ke wilayah positif.

Di sektor perbankan, Bank Perancis BNP Paribas melaporkan laba bersih kuartal keempat merosot 51,7 persen menjadi € 665 juta dan mengumumkan rencana untuk memotong biaya di divisi perbankan investasi. Investor mengambil berita positif dengan saham naik 3 persen.

Bank Italia Banca Monte dei Paschi di Siena melihat ke depan saham lebih tinggi dari laba yang datang setelah penutupan hari ini. Dan Unione di Banche Italiane juga hijau setelah HSCB menaikkan proyeksi pada saham dari “tahan” untuk “membeli”.

Pasar akan mencermati rilis data tenaga kerja AS malam ini. Data Non Farm Payrolls Januari dan Non Farm Payrolls Private Januari diindikasikan melemah dibandingkan hasil sebelumnya. Jika hasil ini terealisir akan melemahkan dollar AS dan kembali menguatkan Yen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak melemah jika hasil data tenaga kerja terealisir melemah seperti perkiraan. Namun perlu juga dicermati pergerakan harga minyak mentah, yang jika merosot akan dapat menekan bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here