Bursa Shanghai Berakhir Turun Menjelang Libur Imlek

323
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (04/02), indeks Shanghai bergerak flat dan ditutup turun –17,07 poin, atau -0,61 persen, pada 2763.95. Perdagangan saham pada indeks Shanghai berada dalam perdagangan tipis di akhir perdagangan sebelum libur Tahub Baru Imlek.

Lihat :  Indeks Shanghai Bergerak Flat Jelang Libur Tahun Baru Imlek

PBOC mengatakan pada 19 Januari bahwa akan menyuntikkan lebih dari 600 miliar yuan ($ 91,2 miliar) ke dalam sistem keuangan menjelang Tahun Baru Imlek. Bank, yang terasa terlalu dibatasi untuk mengambil langkah-langkah pelonggaran moneter berani seperti memotong rasio persyaratan cadangan, namun terlihat putus asa untuk menstabilkan yuan.

Pada pertemuan tentang pengelolaan likuiditas sebelum dan sesudah musim liburan, Zhang Xiaohui, asisten gubernur bank sentral, mengatakan kepada para pejabat manajemen senior dari 29 pemberi pinjaman besar Tiongkok bahwa “kita perlu menempatkan prioritas pada menjaga stabilitas yuan untuk mengelola likuiditas. “

Menurut risalah pertemuan tersebut, Zhang mencatat bahwa ketua dari bank-bank besar telah meminta para pejabat senior bank sentral untuk memotong rasio persyaratan cadangan – jumlah bank tunai diminta untuk menyisihkan sebagai cadangan. Dia berpendapat bahwa mengurangi rasio persyaratan cadangan akan mengirim “sinyal terlalu kuat [pelonggaran moneter] “. Dengan kata lain, bank sentral harus menggunakan alat kebijakan lain untuk menambah likuiditas.

Namun stimulus di pasar keuangan jelang libur Imlek belum sepenuhnya berhasil mengangkat indeks Shanghai.

Pasar saham Tiogkok akan libur minggu ini merayakan Tahun Baru Imlek.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas setelah liburan Imlek, jika stimulus PBOC mentabilkan yuan tidak berjalan baik. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2687-2585 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2864-2939.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here