Harga Gula ICE Akhir Pekan Menguat Dengan Aksi Beli

370

Harga gula berjangka ICE ditutup dengan membukukan kenaikan pada akhir perdagangan bursa ICE Futures New York Sabtu dini hari (06/02). Harga komoditas ini mengalami kenaikan tinggi dengan adanya aksi beli jelang libur Carnival Day di Brazil.

Harga gula selama pekan lalu didominasi pelemahan, baik akibat sentimen peningkatan produksi dan pelemahan harga minyak mentah. Dengan melemahnya harga gula, maka di akhir pekan dimanfaatkan oleh pedagang untuk membeli gula dengan harga murah memasuki libur Carnival Day.

Pada penutupan perdagangan Sabtu dini hari tadi harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Maret 2016 terpantau menguat . Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup naik sebesar 0,38 sen atau setara dengan 2,95 persen pada posisi 13,27 sen per pon.

Malam nanti akan dirilis data indikator ekonomi AS yaitu Fed Labor Market Conditions Index Januari yang diperkirakan berada pada posisi 2.6, turun dari hasil sebelumnya pada 2.9. Jika hasil negatif ini terealisir dapat menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan pelemahan dollar AS. Namun perlu juga diperhatikan pergerakan harga minyak mentah dan persediaan gula di negara-negara produsen.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 13,80 sen dan 14,30 sen. Sedangkan level Support yang akan dites jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 12,80  sen dan 12,30 sen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here