Harga Karet Tocom Tertekan Penurunan Minyak Mentah

282

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Senin siang (08/02) terpantau negatif. Pelemahan harga karet Tocom terjadi karena turunnya kembali harga minyak mentah di perdagangan Asia.

Harga minyak mentah berjangka turun pada awal perdagangan Asia, Senin, setelah pertemuan antara produsen OPEC Arab Saudi dan Venezuela untuk membahas koordinasi harga berakhir dengan sedikit tanda-tanda akan ada langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan harga.

Harga minyak mentah berjangka WTI turun 2 sen di $ 30,87. Pada Jumat, harga WTI turun 83 sen menjadi $ 30,89 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan global Brent, turun 9 sen menjadi $ 33,97 pada 0039 GMT.Brent turun 40 sen menjadi $ 34,06 per barel pada hari Jumat.

Pada perdagangan siang ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Juli 2016 ditutup melemah sebesar -2,8 yen menjadi 152,0 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 154,8 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi alami tekanan dipengaruhi oleh sentimen pelemahan harga minyak mentah dunia. Juga perlu diperhatikan pergerakan nilai tukar yen Jepang. Kedua indikator tersebut merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga karet alami Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan mengetes level Support di 147,00 yen dan 142,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 157,00 dan 162,00 yen jika harga berbalik ke teritori positif.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here