Pertumbuhan Ekonomi India Triwulan IV 2015 Mencapai 7,3%

339

Ekonomi India tumbuh 7,3% pada triwulan IV, data resmi menunjukkan Senin, perlambatan dari triwulan sebelumnya namun mengalahkan ekspektasi analis. Ekspansi tahun ke tahun dalam produk domestik bruto untuk tiga bulan berakhir Desember mengalahkan 7,1% median perkiraan perkiraan oleh ekonom dalam survei Bloomberg.

Data ini menunjukkan India mempertahankan tempatnya sebagai negara ekonomi utama yang tumbuh paling cepat di dunia, dengan Perdana Menteri Narendra Modi mendekati dua tahun berkuasa di tengah meningkatnya desakan untuk memberlakukan reformasi yang dijanjikan.

india-gdp-growth-annual

Modi telah mendorong prioritas pertumbuhan ekonomi sejak berkuasa dalam pemilihan umum Mei 2014. Tetapi investor telah menyuarakan keprihatinan tentang laju reformasi ekonomi yang dijanjikan untuk menciptakan lapangan kerja bagi puluhan juta orang muda India.

Rupee adalah mata uang berkinerja terburuk di Asia tahun ini dan dana global yang telah menarik diri dari saham India, menurut Bloomberg.

Partai Pemerintah Bharatiya Janata yang dipimpin Modi akan menyajikan anggaran berikutnya pada tanggal 29 Februari.

Reserve Bank of India mempertahankan suku bunga ditahan di level 6,75% pekan lalu, mengutip pentingnya pengendalian inflasi dan mencatat perlambatan momentum pertumbuhan di ekonomi terbesar ketiga di Asia.

India masih dirundung kekhawatiran atas keakuratan data pertumbuhan ekonomi tahunan setelah pemerintah memperkenalkan formula direvisi untuk menghitung PDB yang beberapa analis telah mengkritiknya. Pemerintah mengatakan metode baru lebih dekat dengan standar internasional.

Perubahan utama adalah bahwa India sekarang mengukur pertumbuhan ekonomi dengan harga pasar untuk memasukkan “nilai tambah bruto” barang dan jasa serta pajak tidak langsung. Tahun dasar untuk menghitung PDB India juga telah maju ke 2011-12 2004-05.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here