Sentimen Keyakinan Ekonomi Zona Euro Memburuk

705

Sentimen di zona euro memburuk lebih dari yang diharapkan pada bulan Februari karena kekhawatiran tentang ekonomi global mendorong investor untuk memotong kembali harapan mereka ke tingkat terendah sejak November 2014, sebuah survei menunjukkan pada hari Senin (08/02).

Indeks kelompok riset Sentix yang berbasis di Frankfurt, mengukur keyakinan di kalangan investor dan analis di zona euro, turun menjadi 6,0 pada Februari dari 9,6 pada bulan Januari. Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pembacaan 7,6.

“Zona euro membuktikan, tidak mengherankan, tidak kebal terhadap hilangnya momentum besar dalam ekonomi global,” kata Sentix dalam sebuah pernyataan. “Secara khusus, hilangnya dinamika di Jerman dan Amerika Serikat merupakan beban berat dan menggarisbawahi bahwa ekonomi global sekarang dalam keadaan sangat rapuh,” tambahnya.

Pertumbuhan AS yang lambat, penurunan harga minyak dan kekhawatiran atas perlambatan yang dipimpin Tiongkok pada perekonomian dunia telah mengguncang pasar pada awal 2016.

Sebuah sub-indeks ekspektasi ekonomi zona euro jatuh ke 1,5 dari 6,3 pada bulan Januari, level terendah sejak November 2014.

Penilaian investor dari situasi saat ini juga memburuk untuk bulan ketiga berjalan ke 10,5 dari 13,0 pada bulan Januari.

Sementara itu, indeks pelacakan Jerman, ekonomi terbesar zona euro, jatuh ke 14,5 dari 18,1 pada bulan Januari sedangkan harapan sub-komponen berubah negatif.

Survei ini dilakukan terhadap 1101 investor antara 4 Februari dan 6 Februari.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here