Bursa Eropa Dibuka Menguat, Pergerakan Minyak dan Wall Street Dicermati

562

Bursa Saham Eropa dibuka sedikit lebih tinggi pada pembukaan perdagangan Selasa (09/02) dengan investor tetap berhati-hati di tengah kekhawatiran pertumbuhan ekonomi global.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,4 persen. Indeks DAX diperdagangkan lebih tinggi meskipun Desember output industri Jerman jatuh 1,2 persen bulan ke bulan, menurut Kementerian Ekonomi negara itu.

Pasar saham Eropa turu tajam pada penutupan Senin, dengan penurunan besar di beberapa sektor, terus menurunnya harga komoditas dan data ketenagakerjaan AS yang mixed Jumat lalu menambah kekhawatiran atas pertumbuhan global. Di AS, saham melemah tajam untuk sebagian besar hari Senin karena kekhawatiran serupa membebani investor.

Pelemahan di Eropa dan AS membuat sentimen negatif di Asia pada Selasa, di mana saham di Australia dan Jepang ditutup melemah tajam. Indeks Nikkei 225 anjlok lebih dari 5 persen, karena investor mencari perlindungan di aset safe-haven, yield obligasi pemerintah Jepang 10 tahun (JGB) jatuh ke wilayah negatif untuk pertama kalinya. Harga obligasi bergerak terbalik terhadap imbal hasil.

Di berita pendapatan, produsen obat Perancis Sanofi melaporkan penurunan penjualan kuartal keempat dan laba bersih usaha.

Perusahaan bioteknologi terbesar Eropa, Actelion mengatakan bahwa laba inti 2015 naik 9 persen, memukul ekspektasi analis.

Di bagian travel, TUI Group membukukan seperempat kerugian yang mendasari pertama sebelum bunga, pajak dan amortisasi (EBITA) pada € 101.700.000 ($ 114.000.000), kerugian lebih sempit dari setahun yang lalu. Perusahaan mengatakan bahwa pemesanan ke Turki musim panas ini turun sekitar 40 persen dihasilkan dari masalah keamanan.

Denmark’s Vestas Wind membukukan pendapatan kuartal keempat yang mengalahkan ekspektasi analis dan meningkatkan dividen.

Dan di sektor perbankan, kepala eksekutif bank Swedia Swedbank mengundurkan diri dari jabatannya dengan segera. Dalam sebuah pernyataan, pemberi pinjaman mengatakan bahwa “saatnya untuk kepemimpinan baru dan CEO baru yang dapat mengambil Swedbank ke tingkat berikutnya”.

Terpantau saat ini, indeks FTSE berada pada posisi 5706.23, naik 16.87 poin atau 0.30%

Indeks DAX berada pada posisi 8981.78, naik 2.42 poin atau 0.03%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4066.31, naik 9.53 poi atau 0.23%

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan memperhatikan pergerakan harga minyak dan bursa Wall Street, yang jika melemah akan dapat menekan bursa Eropa. Pelemahan minyak mentah dapat terjadi jika data dari American Petroleum Institute untuk persediaan minyak mentah mingguan AS terealisir meningkat.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here