Kondisi Bisnis dan Ekonomi Triwulan I-2016 Diperkirakan Meningkat

342

Indeks Tendensi Bisnis (ITB) adalah sebuah indikator perkembangan ekonomi usaha terkini, yang menggunakan data dari Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Bank Indonesia.

ITB diakui sebagai indeks yang menggambarkan kondisi bisnis dan perekonomian pada triwulan berjalan dan yang perkiraan pada triwulan mendatang. STB dilakukan setiap triwulan di beberapa kota besar terpilih di seluruh provinsi di Indonesia meliputi perusahaan besar dan sedang, dengan responden pimpinan perusahaan.

indonesia business confidence

Apabila ditinjau kembali kondisi triwulan terakhir di tahun 2015, ITB pada triwulan IV-2015 sebesar 105,22, sementara pada triwulan sebelumnya. Peningkatan kondisi bisnis pada triwulan IV-2015 terjadi pada sebagian besar lapangan usaha, kecuali lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan serta Pertambangan dan Penggalian yang indeksnya di bawah 100. Kondisi bisnis pada triwulan IV-2015 meningkat karena adanya peningkatan pendapatan usaha (nilai indeks sebesar 107,49), kapasitas produksi/usaha (nilai indeks sebesar 103,95), dan rata-rata jumlah jam kerja (nilai indeks sebesar 103,86).

tabel 1-ITB

Sumber : BPS

Prospek Bisnis pada Triwulan I-2016 dapat digambarkan dari nilai ITB pada triwulan I-2016 yang diprediksi sebesar 104,28, berarti kondisi bisnis diperkirakan akan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Namun jika dibandingkan dengan triwulan IV-2015 (nilai ITB sebesar 105,22) maka tingkat optimisme pelaku bisnis diperkirakan lebih rendah.

Kondisi bisnis di semua lapangan usaha pada triwulan I-2016 diperkirakan akan mengalami peningkatan, kecuali lapangan usaha di bidang Pertambangan dan Penggalian (nilai ITB sebesar 92,03).

tabel 2-ITB

Sumber : BPS

Peningkatan kondisi bisnis tertinggi diperkirakan terjadi pada lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan (nilai ITB sebesar 110,00), dan peningkatan terendah diperkirakan terjadi pada lapangan usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum (nilai ITB sebesar 102,04).

 

Emy Trimahanani/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here