Kondisi Industri di Perancis Semakin Memburuk

350

Pada bulan Januari dilaporkan kinerja manufaktur Perancis alami penurunan dari bulan terakhir tahun 2015 hingga nyaris terjadi kontraksi data. Pasalnya skor PMI Manufaktur negara tersebut turun ke posisi 50 indeks poin. Turunnya kinerja manufaktur Perancis juga tercermin dari buruknya produksi industri bulan Desember yang dinilai paling buruk sejak Mei 2014.

Kantor statistik nasional, INSEE,  melaporkan tingkat output industri Perancis pada bulan Desember  lalu melanjutkan penurunan bulan sebelumnya yang menentang perkiraan ekonom sebelumnya akan terjadi kenaikan.  Dalam rilis tersebut tercatat bahwa tingkat output industri Perancis pada Desember  lalu turun -1,6 persen (mom), yang melanjutkan penurunan  sebesar -0,9 persen (mom) yang tercatat di bulan November. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

France Industrial Production MoM

Sebelumnya para ekonom memperkirakan tingkat output industri Perancis pada Desember  lalu  akan bukukan peningkatan  sebesar   0,2 persen. Pada saat yang sama, output manufaktur turun 0,8 persen membalikkan kenaikan 0,6 persen di bulan November dan kontras dengan kenaikan 0,3 persen yang diperkirakan oleh para ekonom sebelumnya.

Pada bulan Desember, sektor energy  dan peralatan transportasi turun hingga 2,6 persen masing-masing demikian juga dengan industri pembuatan produk makanan dan peralatan listrik dan elektronik turun 1,4 persen. Di sektor konstruksi, output yang turun 1,6 persen setelah naik 1,2 persen pada November.

 

H Bara/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here