Akhir Bursa Wall Street Didominasi Pelemahan Mencerna Pernyataan Yellen

306

Bursa Wall Street ditutup sebagian besar lebih rendah pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (11/02), karena investor mencerna komentar dari Ketua Fed Janet Yellen, serta perdagangan mixed dalam minyak mentah.

Hasil positif hanya dicapai indeks Nasdaq, yang sempat naik lebih dari 2 persen karena saham teknologi menguat. Saham Netflix dan Alphabet naik masing-masing 2,7 persen dan 0,8 persen. Indeks ditutup 0,3 persen lebih tinggi.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 187,51 poin pada perdagangan menjelang siang, setelah minyak AS sejenak melambung lebih dari 3,5 persen pada data penurunan pasokan. Namun dalam perdagangan sore, indeks blue chips jatuh lebih dari 100 poin lebih rendah tertekan saham Disney dan IBM, sebelum ditutup turun 99 poin.

Indeks  S & P 500 ditutup sedikit lebih rendah, dengan sektor material pemberat.

Indeks Dow dan S & P memperpanjang penurunan beruntun empat hari berturut-turut.

Yellen menyampaikan komentarnya kepada Kongres, di mana ia mencatat bahwa, jika ekonomi AS yang mengecewakan, The Fed akan mempertimbangkan kembali jalur kenaikan suku bunga nya.

Yellen menjawab pertanyaan setelah memberikan sambutannya, mengatakan “Saya tidak berpikir itu akan diperlukan untuk menurunkan suku bunga tapi seperti saya katakan kebijakan moneter tidak pada jalur yang telah ditetapkan.”

Dow futures diperdagangkan naik tajam Rabu, melompat lebih dari 150 poin dengan ekuitas Eropa rally.

Saham bank Jerman naik 10,2 persen pada Rabu, tapi tetap sekitar 35 persen lebih rendah untuk tahun ini. Sementara itu, indeks pan-Eropa STOXX 600 ditutup 1,88 persen lebih tinggi.

Investor juga terus mengawasi harga minyak AS, yang sideways Rabu. Harga sebentar melonjak lebih dari 3,5 persen setelah Administrasi Informasi Energi mengatakan bahwa persediaan minyak AS turun 0,8 juta barel, sebelum menutup 49 sen lebih rendah, atau 1,75 persen, pada $ 27,45 per barel. Pasar minyak telah ditekan oleh kekhawatiran kelebihan pasokan sepanjang tahun, mendorong minyak mentah AS turun sekitar 24 persen tahun ini.

Dolar jatuh sekitar 0,3 persen terhadap sekeranjang mata uang.

Laba musim berlanjut Rabu pagi, dengan Time Warner dan Humana, antara lain, melaporkan sebelum pembukaan. Cisco Systems, Tesla Motors, Twitter dan Whole Foods dijadwalkan untuk melaporkan setelah pembukaan.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup 99,64 poin lebih rendah, atau 0,62 persen, di 15,914.74, dengan pelemahan tertinggi saham Walt Disney dan saham Nike yang naik tertinggi.

Indeks S & P 500 ditutup 0,35 poin lebih rendah, atau 0,02 persen, pada 1,851.86, dengan sektor material memimpin delapan sektor yang lebih rendah dan hanya sektor perawatan kesehatan dan teknologi informasi yang positif.

Indeks Nasdaq berakhir 14,83 poin lebih tinggi, atau 0,35 persen, pada 4,283.59.

Malam nanti akan dirilis initial jobless claim yang diindikasikan menurun dari hasil sebelumnya. Jika terealisir akan dapat menguatkan dollar AS. Juga Yellen masih akan bertemu dengan kongres AS malam ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan jika data ekonomi dan pernyataan Yellen terealisir menguatkan ekonomi AS, akan berpotensi menguatkan pasar saham AS.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor :Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here