Harga Emas Naik Setelah Pernyataan Yellen

1024
Harga emas stabil, namun masih di bawah level tinggi 7,5 bulan pada hari Rabu setelah Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen mengatakan bahwa perlu penyesuaian kebijakan moneter yang bertahap dan menekankan bahwa perlambatan global dapat merugikan pertumbuhan AS.
 
Dalam kesaksian pertamanya ke Kongres sejak kenaikan suku bunga Desember Yellen mengatakan bahwa pengetatan kondisi keuangan dan ketidakpastian atas Tiongkok menimbulkan risiko untuk pemulihan AS, tapi kemungkinan tipis Fed akan membalikkan siklus pengetatan tarif.
 
Sebuah perlambatan kenaikan suku bunga bisa membantu mengangkat emas, menjaga menurunkan biaya kesempatan untuk menahannya.
 
Harga emas spot, pulih dari penurunan sebelumnya naik 0,5 persen menjadi $ 1,193.80 per ons, tidak jauh dari tertinggi  7,5 minggu Senin di $ 1,200.60.
 
Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April turun 0,3 persen pada $ 1,194.60 per ons. 
 
Emas kemungkinan akan terangkat lebih tinggi pada kekuatiran lanjutan di pasar ekuitas global, kelemahan dolar, segi teknis bullish dan peningkatan pembelian investasi bullion, kata analis INTL FCStone Edward Meir.
 
“Dia secara implisit menyatakan bahwa Maret tidak akan melihat kenaikan suku bunga tapi dia juga secara implisit menyatakan harapan nya bahwa data cukup meningkat dan bahwa angka tersebut tidak akan menjadi nol tahun ini,” kata Rob Haworth, strategi investasi senior untuk manajemen US Bank Wealth di Seattle.
 
Indeks saham di seluruh dunia rebound setelah komentar Yellen sementara dolar AS mereda terhadap sekeranjang mata uang utama namun tetap di atas level terendah hampir empat bulan Selasa.
 
Harga emas reli telah menekan permintaan dari pembeli fisik logam, kata para pedagang, sementara top konsumen Tiongkok liburan Tahun Baru Imlek.
 
Harga di India tergelincir ke rekor diskon rendah dengan dealer berjuang untuk menarik pembeli dengan menawarkan rekor diskon sampai $ 25 per ons dari patokan harga London.
 
Dalam logam mulia lainnya, perak spot naik 0,1 persen pada $ 15,25 per ons, setelah mencapai tertinggi tiga bulan dari $ 15,45 pada hari Senin. Spot platinum turun 0,09 persen menjadi $ 933,00 per ons, sementara paladium naik 1,93 persen menjadi $ 523,21.
 
Malam nanti akan dirilis initial jobless claim yang diindikasikan menurun dari hasil sebelumnya. Jika terealisir akan dapat menguatkan dollar AS. Juga Yellen masih akan bertemu dengan kongres AS malam ini.
 
Analyst Vibiz Research Center memperkirakan jika data ekonomi dan pernyataan Yellen terealisir menguatkan dollar AS, akan berpotensi menekan harga emas. Harga akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,192-$ 1,190 dan kisaran Resistance $ 1,196-$ 1,198.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor :Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here