Preview: Initial Jobless Claims AS

313

Gubernur Fed Janet Yellen kemarin berkata bahwa resiko global bisa membuat problem bagi AS tahun ini, tetapi dia memprediksi pemulihan ekonomi bisa terus berlangsung. “Kenaikan employment yang terus berlangsung dan pertumbuhan upah yang lebih cepat bisa mendukung pertumbuhan pendapatan riil dan karenanya juga belanja konsumen,” dia berkata di testimoni kepada Kongres pada hari Rabu.

Update mingguan pada malam hari ini mengenai klaim pengangguran akan memberikan perspektif baru yang mengevaluasi perkiraan dari gubernur Fed ini. Namun, update belakangan ini untuk indikator terdepan ini kelihatan sedikit mengkuatirkan. Terdapat tren naik dari grafik klaim pengangguran di dalam dua bulan terakhir, sekalipun kenaikan pengajuan baru tunjangan pengangguran masih kecil sehingga masih bisa diperdebatkan apakah angka kenaikan belakangan ini benar-benar suatu signal yang tulen bahwa suatu pembalikan arah yang bearish sedang datang.

Angka klaim pengangguran meningkat tanpa terduga pada minggu lalu sebanyak 8000 menjadi 285.000 dengan orang Amerika yang mencari tunjangan pengangguran bertambah banyak. Namun angka ini bagi para pembaca masih dianggap bagus karena masih dibawah angka batas 300.000.

Para ekonom berpikir bahwa update malam hari ini akan merefleksikan penurunan sebanyak 4000 menjadi 281.000. Jika hal ini benar, klaim pengangguran akan tetap berada dekat posisi yang rendah, yang bisa memberikan kelegaan untuk membantah bahwa kenaikan klaim belakangan ini hanya gangguan sementara sifatnya.

Selain itu update aktifitas ekonomi kuartal pertama via model GDP Fed Atlanta membatasi pertumbuhan GDP di 2,5%, suatu rebound yang memberikan semangat dari kenaikan tipis sebesar 0.7% di kuartal keempat tahun lalu.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here