Tunjangan Pengangguran Turun, Pasar Tenaga Kerja AS Mantap

675

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan pekan lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja tetap mantap meskipun terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi dan merosotnya pasar saham.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara menurun 16.000 untuk musim yang disesuaikan menjadi 269.000 untuk pekan yang berakhir 6 Februari, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Kamis (11/02).

united-states-jobless-claims

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan klaim tergelincir ke 281.000 pada minggu terakhir. Penurunan pekan lalu turun mendekati posisi terendah pasca-resesi di sekitar 256.000, menunjuk PHK sangat rendah meskipun ada ketidakpastian prospek ekonomi dan gejolak pasar saham. Seorang analis Departemen Tenaga Kerja mengatakan tidak ada faktor khusus yang mempengaruhi data klaim minggu lalu.

Klaim naik lebih tinggi pada awal tahun ini. Yang telah menimbulkan kekhawatiran bahwa dolar yang kuat, permintaan lemah dan tekanan pengeluaran global di sektor energi, yang telah dibatasi pertumbuhan, bisa menggerus pasar tenaga kerja.

Klaim rata-rata empat minggu, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena menurunkan volatilitas minggu-ke-minggu, turun 3.500 ke 281.250 minggu lalu.

Klaim saat ini telah di bawah ambang batas 300.000, yang berhubungan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, untuk 49 minggu berturut-turut, terpanjang sejak awal 1970-an.

Ketua Federal Reserve Janet Yellen, Rabu kemarin menyoroti kekuatan pasar tenaga kerja, tetapi mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pengetatan kondisi pasar keuangan dan ketidakpastian atas Tiongkok memberikan risiko terhadap perekonomian domestik.

Pemerintah melaporkan pekan lalu bahwa nonfarm payrolls meningkat 151.000 pada bulan Januari, sementara tingkat pengangguran turun di bawah 5 persen untuk pertama kalinya dalam delapan tahun.

Sebuah laporan pada Selasa menunjukkan Amerika tumbuh lebih percaya diri di pasar tenaga kerja, dengan jumlah orang yang secara sukarela berhenti bekerja mencapai tertinggi sembilan tahun pada Desember.

Laporan klaim menunjukkan jumlah orang yang masih menerima manfaat setelah minggu awal bantuan jatuh 21.000 menjadi 2,24 juta dalam pekan yang berakhir 30 Januari. Klaim rata-rata empat minggu berlanjut tergelincir 6250 menjadi 2,25 juta.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here