Bursa Eropa Dibuka Menguat Terdorong Kenaikan Minyak Mentah

384

Bursa saham Eropa dibuka naik pada hari Jumat (12/02) terbantu kenaikan harga minyak mentah.

Terpantau Indeks STOXX 600 naik 1,3 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 5.612,40, naik 75,43 poin atau 1,36%

Indeks DAX berada pada posisi 8.824,04, naik 71.17 poin atau 0.81%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 3.930,65, naik 33,94 poin atau 0,87%

Sebuah lonjakan harga minyak mendorong naik pasar saham Eropa pada hari Jumat. Harga minyak mentah melonjak hampir 6 persen pada hari Jumat setelah komentar oleh Menteri Energi OPEC memicu harapan pemotongan produksi, meskipun analis mengatakan langkah tersebut tetap tidak mungkin dan bahwa kelebihan pasokan akan bertahan. Hal ini membuat sektor minyak dan gas naik tajam.

Di sisi pendapatan, produsen mobil Perancis Renault mengatakan pendapatan setahun penuh naik 10,4 persen, sedangkan laba bersih meningkat 48,1 persen menjadi 2,9 miliar euro. Saham diperdagangkan lebih tinggi tetapi dibalik keuntungan untuk perdagangan sedikit lebih rendah.

Pembuat mesin pesawat terbang Inggris Rolls-Royce melonjak 12 persen setelah melaporkan laba sebelum pajak di atas ekspektasi analis.

Sementara itu, saham perbankan dan keuangan di Asia masih di bawah tekanan semalam, mengikuti pelemahan di Eropa dan AS karena peningkatan kekhawatiran atas kinerja potensi mereka dalam pertumbuhan rendah dan tingkat suku bunga rendah.

Banyak kekhawatiran di kalangan investor telah dipicu oleh pembicaraan tentang suku bunga negatif. Bank of Japan, yang saat ini memiliki kebijakan suku bunga negatif, yang mengatakan bahwa pelemahan pasar global belum disebabkan oleh kebijakan. Ketua Federal Reserve Janet Yellen juga mengatakan pada hari Kamis bahwa bank sentral “melihat” suku bunga negatif setelah memutuskan kebijakan tersebut pada tahun 2010.

Pembahasan kebijakan suku bunga negatif menambah kekhawatiran atas portofolio kredit macet bahwa beberapa pemberi pinjaman Eropa melihat bank tertekan dalam perdagangan Kamis. Namun sektor ini melihat rebound pada hari Jumat berkat laba positif.

Bank Jerman Commerzbank mencatat laba bersih kuartal keempat seiring dengan ekspektasi analis untuk menurunkan ketentuan untuk kredit macet, mengirimkan saham lebih dari 14 persen lebih tinggi.

Banyak bank Italia telah berada di bawah tekanan, juga rebound, meskipun pemberi pinjaman bermasalah Banca Monte dei Paschi di Siena turun lebih dari 11 persen.

Analis mengatakan sektor perbankan secara keseluruhan sehat dan banyak penjualan telah didorong oleh sentimen negatif.

Sektor sumber daya dasar juga menguat. Saham Anglo American naik lebih dari 7 persen karena investor membeli setelah harga saham berada di bawah tekanan awal pekan ini.

Saham Glencore juga di wilayah positif setelah Deutsche Bank menaikkan target harga untuk saham penambang yang terdaftar di Afrika Selatan tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street, yang jika melemah dapat menekan bursa Eropa.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here