Kondisi Dollar Sesi Eropa 12/2/16 Mampu Kalahkan Safe Haven

280

Pergerakan  dollar AS pada perdagangan sesi Eropa akhir pekan (11/02)  berhasil melawan pergerakan kurs safe haven yang hari-hari sebelumnya habis dihajar namun terhadap kurs komoditas masih belum bisa unggul meskipun harga minyak mentah terpantau bergerak lebih rendah lagi.

Hari ini kekhawatiran para pelaku pasar forex terhadap kondisi ekonomi dan pasar keuangan global mereda sehingga kurs safe haven kembali ditinggalkan. Selain itu rilis data ekonomi AS yang malam ini akan dirilis memberikan tambahan tenaga bagi dollar untuk kalahkan rival-rival uatama lainnya.

Kurs safe haven tersebut seperti yen, euro dan swissfranc terpantau melemah terhadap dollar sejak perdagangan sesi Asia. Sedangkan kurs komoditas seperti aussie, dollar Canada dan kiwi dollar mampu menguat mengatasi tekanan penurunan harga minyak dan kekuatan dollar AS.

Malam nanti akan dirilis data core retail sales Amerika bulan Januari yang diperkirakan menunjukkan kenaikan data dari kontraksi periode bulan sebelumnya. Selain itu yang tak kalah penting data prelim sentimen konsumen survey UoM menunjukkan data yang lebih tinggi dari peniliaan bulan sebelumnya.

Untuk pergerakannya di pasar spot terkini, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya alami kenaikan 0,1% setelah dibuka pada posisi 95,57 dan kini sedang bergerak pada kisaran 95,71

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here