Perdagangan Komoditi Kemarin

474

Pasar dunia dihantui ketakutan yang telah memicu permintaan yang tajam untuk emas safe-haven dan telah mengirim metal berharga ini ke ketinggian 12 bulan diatas $1,240.00 per ons di awal trading sesi AS hari Kamis kemarin.

Emas bulan April di Comex terakhir naik $44.50 di $1,239.00 per ons.

Perak bulan Maret di Comex terakhir naik $0.343 di $15.62 per ons.

Masih ingat ketika baru saja beberapa waktu yang lalu sebagian pengamat emas memproklamasikan bahwa metal kuning ini telah selamanya kehilangan daya pikat safe-haven nya? Sebagaimana yang terlihat, kenyataannya proklamasi itu hanyalah sebagian dari psikologis pasar yang menunjukkan pasar ada pada posisi yang sangat bearish di paling dasar dari harganya. Kenyataannya harga emas telah terapresiasi sekitar 15% sejak awal Januari.

Assets emas safe-haven dan Treasuries AS juga mengalami kenaikan pada hari Kamis.

Sekali lagi ada keprihatinan yang meningkat mengenai “sovereign debt” dari negara-negara Eropa, dengan imbal hasil obligasi di beberapa Uni Eropa telah meningkat tajam di minggu-minggu belakangan ini.

Harga minyak mentah Nymex di tradingkan lebih rendah dan hanya sedikit diatas $26.00 per barrel. Tekanan jual minggu ini di minyak Nymex telah mendorong harga ke terendah selama 12 tahun.

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here