Eskpor Singapura Anjlok Hampir 10%

224

Ekspor domestik non-minyak Singapura turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Januari karena pengiriman ke Tiongkok, konsumen terbesar negara pulau itu, terus merosot di tengah perlambatan ekonomi.

Ekspor barang buatan Singapura turun 9,9% pada Januari dibandingkan dengan tahun sebelumnya, setelah jatuh 7,2% pada bulan Desember, badan promosi perdagangan International Enterprise Singapore, mengatakan Rabu (17/02).

singapore-domestic-exports-of-non-oil-nodx-pctyoy

Estimasi median dari enam ekonom dalam jajak pendapat oleh The Wall Street Journal adalah untuk ekspor Januari turun 7,4% dari tahun sebelumnya.

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ekspor naik 0,7% dalam hal penyesuaian musiman, setelah turun 2,6% pada bulan Desember sebagai pengiriman elektronik yang diperoleh dari bulan sebelumnya. Ekonom dalam jajak pendapat telah memproyeksikan keuntungan 3,0% pada bulan median pada bulan Januari.

Pengiriman ke Tiongkok, tujuan terbesar ekspor, turun 25,2% pada bulan Januari dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan 18,7% secara tahunan yang jatuh pada bulan sebelumnya, kata IE Singapura.

Ekspor ke Uni Eropa tumbuh 14,3% secara tahunan pada bulan Januari setelah jatuh 2,9% pada bulan Desember. Ekspor ke AS turun 5,1%, membalikkan kenaikan 12,8% pada bulan Desember.

Ekspor elektronik menurun 0,6% secara tahunan pada bulan Januari, setelah jatuh 0,3% di bulan Desember, sementara pengiriman non-elektronik turun 13,9%, dibandingkan dengan penurunan 10,3% pada bulan Desember.

Di sektor non-elektronik, ekspor farmasi naik 6,9% secara tahunan, setelah jatuh 9,9% pada bulan sebelumnya. pengiriman petrokimia jatuh 18,3% secara tahunan setelah penurunan 17,5% pada bulan Desember.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here