Harga Emas Menguat Setelah Risalah Pertemuan The Fed

373

Harga emas positif pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (18/02), setelah risalah dari pertemuan terbaru Federal Reserve AS menunjukkan pembuat kebijakan mempertimbangkan untuk mengubah rencana mereka untuk kenaikan suku bunga pada tahun 2016.

“Jika pengetatan terbaru dari kondisi keuangan global berkelanjutan, itu bisa menjadi faktor memperkuat risiko penurunan” untuk ekonomi, menurut risalah pertemuan kebijakan bank sentral AS ini pada 26-27 Januari.

Harga emas spot ditutup naik 0,74 persen pada $ 1,208.94 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman April ditutup naik 0,3 persen pada $ 1,211.40.

“Kami percaya bahwa Fed tidak akan dapat menaikkan suku sampai akhir tahun, mungkin bank sentral hanya akan dapat menaikkan suku bunga dua kali, jalan yang masih lebih agresif daripada apa yang pasar telah perkirakan,” kata Royce Mendes, ekonom senior di CIBC Capital Markets di Toronto.

Ekspektasi bahwa suku AS akan tetap rendah untuk lebih lama telah mempertajam minat investasi untuk logam mulia ini.

Spekulasi telah meningkat dalam beberapa hari terakhir bahwa bank sentral AS mungkin memilih untuk suku bunga negatif untuk merangsang perekonomian setelah Ketua Fed Janet Yellen mengatakan pekan lalu itu adalah pilihan.

“Setelah menjadi bearish pada emas, kita sekarang telah berubah bullish,” kata ABN Amro dalam sebuah catatan sebelum rilis dari menit.

Harga Perak turun 0,06 persen pada $ 15,33 per ons, sementara harga platinum naik 0,87 persen pada $ 945,50 per ons dan harga paladium naik 0,94 persen pada $ 514,40 per ons.

Malam nanti akan dirilis data indikator ekonomi Initial Jobless Claim, yang diindikasikan meningkat, ini akan memberikan tekanan kepada dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi menguat dengan potensi pelemahan dollar AS. Harga akan menembus level Resistance $1,211.00-$1,213.00, dan jika harga turun akan menembus level Support $1,207.00-$1,205.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here