IHSG 18 Februari Berakhir di Zona Positif, 300 Miliar Lebih Dana Asing Masuk

319

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan Kamis (18/02) berakhir positif, ditutup naik 0,28% pada 4778,79. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 ditutup naik 0,39% ke posisi 838.79. Penguatan IHSG terdorong aksi beli saham oleh investor asing dengan optimisme ekonomi Indonesia.

Daya tarik ke pasar modal juga didorong optimisme ekonomi Indonesia. Dengan tingginya penurunan impor daripada ekspor membuat neraca perdagangan luar negeri Indonesia pada bulan pertama tahun 2016 berhasil surplus setelah 2 bulan berturut alami defisit. Surplus perdagangan luar negeri Indonesia pada bulan Januari 2016 mencapai US$50 juta, sedangkan bulan Desember 2015 defisit US$161 juta.

Sementara itu kunjungan Presiden Jokowi ke AS diharapkan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi Indonesia.

Sore ini juga dirilis suku bunga Indonesia, yang mencatatkan penurunan 7% dari hasil sebelumnya 7.25%, sesuai juga dengan ekpektasi para analis. BI beralasan penurunan BI rate dilakukan sebagai  ruang pelonggaran kebijakan moneter yang semakin terbuka dengan semakin terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya penurunan tekanan inflasi di 2016, serta meredanya ketidakpastian di pasar keuangan global.

Perubahan BI rate sebelumnya terjadi pada bulan lalu  dengan jumlah pemangkasan yang sama yaitu  sebesar 25 basis poin. Usaha BI lanjut melonggarkan kebijakan moneternya ini diharapkan dapat memperkuat upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung.

BI juga melihat sekalipun  pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal keempat 2015   menunjukkan peningkatan yang signifikan, secara sektoral pertumbuhan ekonomi juga belum merata dan lebih ditopang oleh sektor konstruksi terkait infrastruktur serta sektor jasa.

Tercatat pada penutupan perdagangan sore hari ini arus dana asing yang masuk ke pasar modal mencapai Rp. 367,17 miliar.

IHSG sore ini ditopang 7 sektor yang positif, dengan kenaikan tertinggi pada sektor Pertambangan yang naik 1,18%. Pada penutupan perdagangan sore ini tercatat 152 saham menguat, sedangkan 132 saham melemah. Di akhir perdagangan saham sore ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 5,74 miliar saham dengan nilai mencapai 6,90 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 307,675 kali.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi menguat terbatas dengan optimisme ekonomi Indonesia dengan diturunkannya suku bunga BI. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4748-4713, dan kisaran Resistance 4811-4846.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here