Bank Sentral Tiongkok Kucurkan 10 Miliar Yuan Untuk Pasar Uang

368

Bank sentral Tiongkok akan menyuntikkan 10 miliar yuan ($ 1,53 miliar) ke pasar uang melalui tujuh hari reverse bond repurchase agreements pada Jumat, kata para pedagang.

Ini akan mengisi kekuragan pasar keuangan minggu ini menjadi 455 miliar yuan, nilai yang paling tinggi tiga tahun. Angka ini tidak termasuk suntikan pada minggu lalu.

Bank sentral meningkatkan frekuensi operasi pasar terbuka antara 29 Januari hingga 19 Februari untuk menjaga likuiditas sebelum dan setelah Tahun Baru Imlek. Bank sentral mengatakan pada Kamis malam itu akan melakukan operasi pasar terbuka setiap hari mulai 18 Februari.

Sampai saat ini, Bank Rakyat China (PBOC) telah mengadakan operasi pasar terbuka umumnya dua kali seminggu. Melakukan operasi tersebut setiap hari bisa memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam mengelola jumlah uang tunai dalam sistem keuangan.

Likuiditas disuntikkan ke dalam sistem perbankan pekan lalu karena pasar keuangan Tiongkok ditutup untuk liburan Tahun Baru Imlek. Repo terbalik menyuntikkan likuiditas pada penerbitan dan dicairkan pada saat jatuh tempo.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here