Akhir Bursa Shanghai Bukukan Kenaikan Empat Minggu Tertinggi

334
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (22/02), indeks Shanghai ditutup naik 67,71 poin, atau 2,37 persen, pada 2927.73. Penguatan indeks Shanghai terdorong keputusan Beijing mengganti kepala regulator sekuritas yang disambut baik investor sebagai harapan tanda-tanda pemerintah meningkatkan upaya stimulus ekonomi. Kenaikan ini merupakan kenaikan untuk empat minggu tertinggi.

Lihat : Indeks Shanghai Bergerak Positif Terbantu Kenaikan Harga Minyak dan Pemecatan Kepala Sekuritas

Pemerintah Tiongkok mengatakan selama akhir pekan bahwa mereka telah memberhentikan Xiao Gang dari jabatannya sebagai ketua Securities Regulatory Commission Cina (CSRC), menggantikan dia dengan Liu Shiyu, ketua Bank Pertanian China Ltd (AgBank).

Keputusan tersebut, dipandang sebagai langkah untuk memulihkan kepercayaan pasar, hal ini disambut baik investor ritel Tiongkok, dimana banyak dari mereka rugi oleh kekalahan pasar saham baru-baru ini.

Kenaikan juga dipicu oleh harapan bahwa Tiongkok akan meningkatkan stimulus untuk memecahkan masalah kelebihan kapasitas, dimana Kamar Dagang Uni Eropa di Tiongkok mengatakan telah memburuk sejak 2008/09 sejak krisis keuangan global.

Saham pengembang properti Tiongkok melonjak setelah Tiongkok mengatakan pada hari Minggu akan mengurangi atau menghentikan pemberian tanah untuk proyek perumahan baru di daerah di mana ada banjir pasokan. Yang mengikuti pemotongan pajak transaksi properti yang diumumkan minggu lalu.

Prospek pemulihan kuat di pasar real estat, serta tanda-tanda peningkatan investasi dalam proyek-proyek infrastruktur, pada gilirannya memicu lonjakan saham sumber daya pada ekspektasi permintaan kuat untuk bahan baku dari semen dan baja.

Pada penutupan perdagangan, saham-saham keuangan juga menguat. Saham Citic Securities, saham Huatai Securities, dan saham Founder Securities naik antara 3,84 persen hingga 4,33 persen, sementara saham bank-bank besar naik masing-masing lebih dari 1 persen. Saham Agricultural Bank of China naik 1,02 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2762-2687 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2929-3041.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here