Aktifitas Bisnis Swasta Zona Euro Anjlok Terlemah Lebih Setahun

392

Ukuran aktivitas bisnis swasta zona Euro turun terlemah selama lebih dari setahun pada bulan Februari, dengan kedua ukuran baik untuk perusahaan jasa dan produsen memiliki hasil yang jauh lebih buruk dari yang diharapkan secara bulanan, demikian survei yang dilaporkan pada Senin (22/02).

Survei, yang juga memberikan bukti lebih lanjut dari pemotongan harga, kemungkinan akan memperkuat harapan untuk kebijakan pelonggaran moneter lanjutan dari Bank Sentral Eropa pada bulan Maret.

Pertumbuhan dan risiko inflasi sudah meningkat di kawasan euro, risalah pertemuan Januari ECB menunjukkan, dan beberapa pembuat kebijakan menganjurkan tindakan pencegahan dalam menghadapi ancaman baru.

Indeks Markit Composite PMI Flash Februari untuk zona euro, berdasarkan survei dari ribuan perusahaan dan dipandang sebagai panduan yang baik untuk pertumbuhan, merosot ke terendah 13-bulan 52,7 dari bulan Januari 53,6. Sebuah jajak pendapat Reuters telah memperkirakan penurunan menjadi 53,3.

Ada bahkan kemungkinan bahwa ECB akan meningkatkan ukuran program pembelian obligasi € 60 miliar bulan depan, dan pemotongan suku bunga deposito yang hampir pasti, ekonom dalam jajak pendapat Reuters mengatakan.

Pembuat kebijakan juga prihatin dengan sub-indeks PMI harga produksi, yang jatuh ke terendah satu tahun 48,6, lebih lanjut di bawah 50 tanda yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi. Itu 48,9 pada bulan Januari.

Inflasi hanya 0,4 persen pada Januari, data resmi menunjukkan, jauh di luar 2 persen target yang ditargetkan ECB.

Markit Service PMI Flash Februari, meliputi industri jasa, yang diperkirakan akan menurun sampai 53,3 dari 53,6, turun ke level terendah 13-bulan 53,0. Markit Manufacturing PMI Flash Februari, indeks manufaktur utama, yang diharapkan menyentuh posisi 52,0, tenggelam ke 51,0 dari 52,3.

Sebuah ukuran keluaran sub-indeks , yang mendukung PMI komposit, anjlok ke level terendah 14-bulan 51,9 dari 53,4.

Dan ada prospek kurang dari peningkatan bulan depan tajam seperti pabrik pesanan baru berada di laju terlemah dalam setahun. Sub-indeks jatuh ke 51,6 dari 53,0.

Hasil ini membuat optimisme di perusahaan jasa telah ambruk pada bulan Februari. Indeks ekspektasi bisnis dipentaskan salah satu terbesar satu bulan yang jatuh dalam sejarah survei, merosot ke 61,6.

Sebuah jajak pendapat Reuters awal bulan ini memperkirakan pertumbuhan 0,4 persen kuartal ini.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here