Harga Timah Naik Dengan Penguatan Harga Minyak dan Bursa Asia

377

Harga timah di bursa Malaysia kembali melonjak pada perdagangan Senin siang (22/02). Kenaikan tajam harga timah terpicu menguatnya harga minyak mentah di sesi Asia dan penguatan bursa Asia.

Harga minyak pulih pada Senin menyusul kerugian tajam sesi sebelumnya, didukung oleh penurunan jumlah kilang minyak AS yang digunakan, tetapi analis mengatakan kelebihan pasokan global tetap menjadi sentimen yang membuat pasar lemah.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik hampir setengah dolar dari pemukiman terakhir mereka di atas $ 30 per barel, diperdagangkan pada $ 30,11 di 0413 GMT. Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent naik 45 sen menjadi $ 33,46 per barel.

Kenaikan harga minyak mentah memberikan dukungan kenaikan harga logam dasar timah.

Demikian juga bursa Asia bergerak positif siang ini. Semua indeks utama kawasan Asia, termasuk bursa Shanghai bergerak positif. Hasi positif bursa Shanghai dapat memberikan sentimen dukungan membaiknya permintaan logam dasar dari Tiongkok.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan tajam hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 15.800 dollar per ton, naik sebesar 200 dollar dari penutupan sebelumnya pada 15.600.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya untuk jangka pendek akan mencoba mempertahankan penguatan, dengan potensi kenaikan minyak mentah dengan kemajuan kesepakatan Rusia dan Arab Saudi dan negara-negara anggota OPEC lainnya untuk menahan produksi, demikian juga penguatan bursa Asia dapat memicu penguatan. Harga akan menghadapi level resistance di posisi 16.000 dollar dan 16.200 dollar. Akan tetapi jika terjadi retreat dan melemah harga timah akan menghadapi level support di 15.600 dollar dan 15.400 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here