Tiongkok Tunjuk Kepala Regulator Sekuritas Baru, Bangkitkan Harapan Stimulus Ekonomi

1023

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (22/02), indeks Shanghai ditutup naik 67,71 poin, atau 2,37 persen, pada 2927.73. Penguatan indeks Shanghai terdorong keputusan Beijing mengganti kepala regulator sekuritas yang disambut baik investor sebagai harapan tanda-tanda pemerintah meningkatkan upaya stimulus ekonomi.

Pemerintah Tiongkok mengatakan selama akhir pekan bahwa mereka telah memberhentikan Xiao Gang dari jabatannya sebagai ketua Securities Regulatory Commission Cina (CSRC), menggantikan dia dengan Liu Shiyu, ketua Bank Pertanian China Ltd (AgBank).

Keputusan tersebut, dipandang sebagai langkah untuk memulihkan kepercayaan pasar, hal ini disambut baik investor ritel Tiongkok, dimana banyak dari mereka rugi oleh kekalahan pasar saham baru-baru ini.

Liu Shiyu, kepala baru yang diangkat oleh pengawas sekuritas Tiongkok untuk menggantikan Xiao Gang, menghadapi tugas yang tidak mudah dalam membuat pasar ekuitas yang lebih berorientasi pasar dan dalam menindak kegiatan ilegal.

Dong Dengxin, seorang peneliti keuangan di Wuhan Universitas Sains dan Teknologi, mengatakan, “Saya pikir ketua China Securities Regulatory Commission memiliki peran yang menantang.

“Pasar modal Tiongkok belum mencapai pasar yang tinggi dan berorientasi berdasarkan tingkat hukum, sehingga masyarakat sangat bergantung pada pemerintah dan ini menempatkan tekanan pada pekerjaan.

“Oleh karena itu, meluncurkan pendaftaran reformasi IPO dan menyempurnakan UU Efek menjadi dua fokus utama untuk ketua baru.”

Li Shuguang, seorang profesor hukum di Cina Ilmu Politik dan Hukum, Universitas China mengatakan penunjukan Liu sebelum sesi tahunan negara itu oleh badan legislatif dan penasehat bulan depan menunjukkan bahwa pemerintah pusat menaruh perhatian pada pasar modal, yang memainkan peran positif dalam transformasi ekonomi Tiongkok.

Li, yang mengenal Liu, mengatakan kepala CSRC baru berpengalaman dalam regulasi pasar keuangan dan pengendalian risiko. “Untuk Liu, menindak kegiatan ilegal dan melindungi kepentingan investor kecil dan menengah merupakan tugas-tugas penting,” kata Li. Dia mengatakan pengawas sekuritas harus membantu dengan amandemen UU Securities dan melaksanakan dengan baik ini, berdasarkan undang-undang dan peraturan.

Jianyang, seorang profesor keuangan di University of Colorado Denver, mengatakan pengawas akan lebih bijaksana dalam memperkenalkan aturan baru.

Hong Hao, direktur dan kepala strategi di BOCOM International, mengatakan: “Penggantian kepala pasar saham yang pengawas umumkan pada akhir pekan bisa menjadi sedikit positif untuk pasar saham pekan ini, karena pasar berharap untuk kebijakan yang mendukung baru di jangka panjang, fundamental akan menentukan arah pasar. “

Bernard Dewit, ketua Belgia Chinese Chamber of Commerce, mengatakan penggantian diarahkan untuk mengembalikan kepercayaan investor dan menampilkan tekad untuk mendapatkan kinerja pasar kembali ke jalur.

“Ini adalah langkah yang telah menarik perhatian global, dan saya yakin bahwa pasar di seluruh dunia akan merespon pada Senin,” kata Dewit.

Dia menambahkan bahwa fundamental ekonomi Tiongkok yang sehat, dan potensinya sangat besar dan kedua faktor akan membantu untuk mengembangkan pasar modal yang sehat.

Xiao Gang, 57, seorang mantan kepala Bank of China, telah menjabat sebagai Kepala CSRC sejak Maret 2013. Selama masa Xiao, terjadi lonjakan harga ekuitas pada akhir 2014 sebelum pasar runtuh pada bulan Juni tahun lalu, yang menyebabkan pembelian saham pemerintah, pembatasan atas penjualan saham dan larangan sementara IPO.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here