Bursa Shanghai Berakhir Negatif Terganjal Pelemahan Yuan dan Aktifitas Manufaktur

221
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok selasa (22/02), indeks Shanghai ditutup turun 23,22 poin, atau 0,79 persen, pada 2,903.95. Pelemahan indeks Shanghai tertekan pelemahan mata uang Yuan dan buruknya aktifitas manufaktur.

Lihat :Pergerakan Negatif Indeks Shanghai Tergerus Pelemahan Yuan

Yuan jatuh dengan Bank Rakyat China memangkas suku bunga acuan harian oleh yang paling lemah dalam enam minggu, meredam keyakinan bahwa nilai tukar akan terus stabil sebelum pertemuan gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari negara-negara kelompok G-20.

Mata uang turun 0,09 persen menjadi 6,5288 dolar pada 10:06 di Shanghai, menurut harga China Foreign Exchange Trade System. Di pasar lepas pantai Hong Kong yuan turun ke level terendah dalam hampir dua minggu. memperbaiki bank sentral dipotong sebesar 0,17 persen, lebih dari penurunan sekitar 0,015 persen bahwa Australia & New Zealand Banking Group Ltd

Dalam berita ekonomi, Indeks manufaktur Minxin jatuh ke 37,5 pada Februari dari 41,8 pada Januari, sedangkan alat ukur non-manufaktur turun ke 37,5 dari 43, menurut China Academy of New Supply-side Ekonomi. Angka di bawah 50 menunjukkan kondisi memburuk. 

Pada akhir perdagangan saham, bursa Shanghai tertekan penurunan yang dipimpin saham perusahaan keuangan dan industri. Saham Citic Securities dan saham China Life Insurance turun dalam sektor keuangan, sementara saham China Communications Construction merosot 2,3%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2762-2687 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2973-3047.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here