Harga Emas Turun Tertekan Penguatan Dollar AS

321

Harga emas tergelincir sebanyak 2 persen pada hari Senin tergenjal penguatan dolar AS, namun logam mulia tetap di atas $ 1.200 per ons setelah rally yang mendorong harga ke tertinggi satu tahun bulan ini.

Kekuatiran atas ketidakstabilan keuangan dan harapan untuk kenaikan suku bunga AS, telah membantu mengungguli emas sebagai aset yang paling tinggi sepanjang tahun ini dengan keuntungan 15 persen.

Harga emas spot turun 1,69 persen pada $ 1,207.06 per ons, dari sesi rendah $ 1,201.63. Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April menetap 1,7 persen menjadi $ 1,210.10.

Dolar AS naik 0,8 persen terhadap sekeranjang mata uang utama, didukung oleh data AS yang kuat pada hari Jumat, dan saham Eropa melonjak ke tertinggi bulanan. Harga minyak melonjak 7 persen.

Beberapa analis mengatakan harga emas rentan terhadap koreksi jika kekhawatiran atas ekonomi global memudar dan harapan kenaikan suku bunga AS kembali menguat.

Tapi sentimen investor sebagian besar tetap bullish dan jelas dalam arus dana. SPDR Gold Trust, atas diperdagangkan di bursa dana emas dunia, Jumat mencatat inflow terbesar satu hari sejak Agustus 2011.

Arus masuk dana itu sejak awal tahun telah melampaui arus keluar untuk seluruh tahun 2015. Spekulan meningkatkan taruhan bullish mereka di emas berjangka COMEX dan pilihan untuk tertinggi dalam hampir empat bulan di minggu sampai 16 Februari.

Bank of America Merrill Lynch, Jumat investor membawa $ 3,2 miliar menjadi emas, terbesar dua minggu inflow emas sejak Mei 2010.

Konsumen atas Tiongkok telah menjual emas sejak kembali dari liburan selama seminggu Senin lalu, tanda investor Tiongkok tidak mengharapkan harga untuk pergi jauh lebih tinggi dan tidak dapat diandalkan untuk mendukung pasar.

Harga Perak berjangka turun 1,29 persen menjadi $ 15,18 per ons, sementara harga platinum berjangka turun 1,9 persen menjadi $ 927,90 dan paladium turun 0,4 persen menjadi $ 497,80.

Malam nanti akan dirilis data indikator ekonomi AS, Existing Home Sales Januari dan CB Consumer Confidence Februari, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan menurun. Jika hasil ini terealisir akan menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi menguat dengan potensi pelemahan dollar AS. Harga akan menembus level Resistance $1,210.00-$1,212.00, dan jika harga turun akan menembus level Support $1,206.00-$1,204.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here