Indeks Shanghai Berakhir Naik Terdukung Kinerja Positif Sektor Infrastruktur

376
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (24/02), indeks Shanghai ditutup rebound, naik 26,24 poin, atau 0,90 persen, pada 2,929.57. Penguatan indeks Shanghai terbantu kinerja positif saham infrastruktur termasuk saham produsen listrik.

Lihat : Awal Indeks Shanghai Negatif Tertekan Pelemahan Yuan

Menjelang pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara kelompok G-20 akhir pekan ini, Tiongkok mempersiapkan paparan untuk rencana lima tahun ke depan ekonominya. Pemerintah melakukan langkah dukungan kebijakan menjelang Kongres Rakyat Nasional tahunan, di mana delegasi akan menandatangani rencana ekonomi lima tahun baru.

Salah satu poin yang pemerintah Tiongkok lakukan adalah Tiongkok mengumumkan 60 miliar dolar AS untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur awal bulan ini ketika bergerak untuk menahan tekanan transisi ekonomi.

Pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan kelistrikan di negara tirai bambu tersebut, memberikan penguatan bagi saham-saham infrastruktur dan produsen listrik.

Saham perusahaan yang berhubungan dengan infrastruktur rally setelah Perdana Menteri Li Keqiang dikutip oleh China National Radio mempromosikan urbanisasi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi menengah kecepatan tinggi. Saham Ningbo Port melonjak 3,6%, sedangkan saham Shanghai Construction Group rally 4,3%.

Indeks CSI 300 Index menghapus penurunan sebelumnya, naik 0,7% terbantu kenaikan saham sektor utilitas dan perusahaan industri yang naik sekitar 1,6%. Saham Huaneng Power International, produsen listrik terbesar, melonjak 3,4%. Harga batubara yang lebih rendah bisa meningkatkan margin di pembangkit listrik tenaga batu bara yang dimiliki oleh pembangkit listrik terdaftar Tiongkok, dengan Huaneng di antara perusahaan yang berdiri untuk mendapatkan keuntungan, menurut analis Bloomberg Intelligence.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas jelang pertemuan negara G-20 di Shanghai, dengan memperkuat kebijakan ekonominya mempersiapkan rencana lima tahun ekonomi mereka. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2843-2732 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3047-3177.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here